Ilustrasi noda kunyit di peralatan masak.
Ilustrasi noda kunyit di peralatan masak. ( SHUTTERSTOCK/JULIET ARZA)

Berikut 6 Tips Bersihkan Noda Kunyit di Peralatan Dapur atau Baju

9 Oktober 2023 14:58 WIB

SonoraBangka.id -  Kunyit merupakan bahan masakan yang biasa digunakan untuk memberikan warna kuning pada aneka hidangan, seperti kari. Ada banyak manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari kunyit, salah satunya bisa meningkatkan fungsi otak, seperti yang dilansir dari laman Better Homes & Gardens.

Namun, apa jadinya kalau bekas kunyit sulit menghilang bahkan menempel pada permukaan peralatan dapur hingga baju? Tak perlu bingung, Kompas.com rangkum, sekian cara bersihkan peralatan dapur dari noda kunyit.

1. Rendam dengan air hangat dan cuka putih

Dilansir dari laman Better Homes & Gardens, ada cara membersihkan peralatan dapur atau makan yang berbahan dari keramik, kaca, hingga plastik dari noda kunyit. Caranya adalah dengan merendam isi westafel atau baskom plastik dengan air hangat dan cuka putih. Perbandingannya 2:1. Kamu juga bisa menambahkan tetesan sabun cuci piring cair. Aduk sampai semua tercampur rata.

2. Selalu bilas dengan air hangat

Selalu gunakan air hangat untuk merendam hingga membilas peralatan dapur yang berbahan kunyit. Cara ini bisa merontokkan bahan kunyit yang menempel.

3. Gosok dengan spons

Selain menggunakan bahan yang tepat, kamu juga bisa menggunakan spons atau sikat gigi bulu halus untuk menggapai sudut sempit dari peralatan dapur. Cara ini bisa menghilangkan noda kunyit secara efektif. Ulangi perlakuan tersebut secara bergantian dan teratur.

4. Gunakan soda kue dan air

Jika meja dapur terkena noda kue, kamu bisa mempersihkannya dengan soda kue dan air. Oles pada noda dan diamkan selama 15 menit. Gosok dengan kain mikrofiber untuk menghilangkan noda, selalu gunakan gerakkan melingkar.

5. Gunakan air perasan lemon

Kamu juga bisa menggunakan air perasan lemon untuk membersihkan noda kunyit yang ada di meja dapur terutama yang terbuat dari bahan kayu.

6. Gunakan bahan mengandung alkohol

Alkohol berfungsi sebagai pemecah pigmen kunyit. Campurkan dengan deterjen cair dan alkohol, kemudian oleskan secara langsung pada area yang terkena noda.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Tips Bersihkan Noda Kunyit di Peralatan Dapur atau Baju", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/09/110900075/6-tips-bersihkan-noda-kunyit-di-peralatan-dapur-atau-baju?page=all#page2.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm