Ban motor yang benjol(Dok. Otomotifnet.com)
Ban motor yang benjol(Dok. Otomotifnet.com) ( KOMPAS.COM)

Akibat Motor Dipakai Mengerem Mendadak, Ban Bisa Mengalami Botak Sebagian

10 Oktober 2023 18:03 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pengendara motor harus berhati-hati dan sebisa mungkin menghindari rem mendadak. Pasalnya, tindakan ini bisa sangat merusak ban.

Kerusakan yang terjadi juga tidak lazim, karena ban bisa mengalami ‘pitak’ alias botak sebagian. Hal ini terjadi akibat besarnya gaya gesek saat motor mendadak direm.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang, menjelaskan, ban botak sebagian memang sangat bisa dialami pengendara yang kurang hati-hati. Uniknya, kerusakan ini justru terjadi akibat komponen rem berfungsi dengan baik.

“Akibat rem terlalu pakem. Waktu (motor) berhentinya dadakan dan ngerem, roda langsung setop dan motor jadi ngepot. Jadinya ada bagian ban yang botak,” katanya kepada Kompas.com, Senin (9/10/2023).

Anto menambahkan, risiko kerusakan semacam ini juga semakin besar setelah motor menempuh jarak cukup jauh. Suhu permukaan ban yang panas bisa memperparah kebotakan.

“Ban kondisinya panas kalau ngepot di aspal, pasti langsung habis (permukaannya),” kata dia.

Sayangnya, kendala semacam ini tidak bisa diakali, satu-satunya langkah penanganan yang dianjurkan adalah mengganti ban baru.

Bila pengendara tidak mengganti, ada risiko lain yang bisa terjadi, yakni ban motor mengalami benjolan. Keadaan ini justru bisa lebih membahayakan.

Billy Wibisono, Head of Product and Service Development (PSD) Planet Ban, mengatakan, ban benjol terjadi akibat ada pemisahan lapisan di bagian dalam ban.

“Ban benjol itu bahaya dan sebaiknya cepat diganti, soalnya bisa meledak. Layer (lapisan) ban sudah tidak lagi kuat menahan tekanan,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Akibat Motor Dipakai Mengerem Mendadak, Ban Bisa Botak Sebagian", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/10/081200515/akibat-motor-dipakai-mengerem-mendadak-ban-bisa-botak-sebagian.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm