Ilustras ikan kembung bakar.
Ilustras ikan kembung bakar. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Fariq Amin)

Berikut 3 Tips Bumbui Ikan Bakar agar Meresap ke Dalam Daging

10 Oktober 2023 18:12 WIB

SonoraBangka.id - ikan bakar salah satu olahan ikan yang menjadi favorit di rumah, disajikan bersama sambal. Ikan bakar sebelum dimasak perlu dibersihkan dahulu kemudian dimarinasi agar bumbu meresap. Berikut ini terdapat tips bumbui ikan bakar agar bumbu meresap ke dalam daging ikan sehingga menghasilkan lauk lezat, dikutip dari majalah "Sedap / ED 05 2014" (2014) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Kreasi bumbu

Ikan bakar original yang klasik tidak mempunyai banyak bumbu, hanya garam, merica, dan kecap sebagai lumuran di ikan. Kamu bisa membuat ikan bakar dengan bumbu tradisional khas Nusantara seperti bumbu woku, bumbu balado, dan bumbu lodeh.

2. Marinasi semalaman

Ikan bisa direndam bumbu semalaman agar meresap betul. Jika ingin cepat meresap, daging ikan dikerat-kerat lebih dahulu.

3. Direbus atau diungkep

Penyerapan bumbu di dalam ikan juga bisa dibantu dengan cara direbus maupun diungkep.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Tips Bumbui Ikan Bakar agar Meresap ke Dalam Daging", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/10/070500475/3-tips-bumbui-ikan-bakar-agar-meresap-ke-dalam-daging.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm