Ilustrasi biji semangka yang sudah dipanggang untuk dijadikan camilan.
Ilustrasi biji semangka yang sudah dipanggang untuk dijadikan camilan. ( iStockphoto/ThuTruong)

Jumlahnya Tidak Sedikit, Apakah Biji Semangka Aman Dimakan?

10 Oktober 2023 18:20 WIB

SonoraBangka.id - Jumlah biji semangka tidak sedikit. Bijinya menempel pada daging buah dan umum dikonsumsi bersamaan.

Hal ini membedakan semangka dengan kebanyakan buah lain. Biji buahnya kecil dan aman dikonsumsi.

Dilansir dari Very Well Health, biji semangka putih maupun hitam sama-sama aman dimakan langsung bersama buahnya.

Biji putih semangka merupakan bagian biji belum matang penuh. Sementara biji hitam adalah bagian biji matang yang bisa ditanam ulang.

Biji semangka aman dikonsumsi bukan hanya karena ukurannya yang kecil, melainkan bermanfaat untuk kesehatan.

Sebab, biji semangka termasuk serat tidak larut yang baik untuk pencernaan asalkan dikonsumsi dalam jumlah tidak berlebihan, seperti dikutip dari Healthline. 

Serat tidak larut akan menarik air ke dalam tinja dan membentuknya sehinga lebih mudah dikeluarkan. Jenis serat ini juga dapat membantu meningkatkan kesehatan usus dan mengurangi risiko diabetes.

Cara makan biji semangka 

Selain mengonsumsi biji semangka bersamaan dengan daging buahnya, ada cara lain yang bisa kamu ikuti, dilansir dari Southern Living.

Cara mengolah biji semangka paling mudah adalah dengan memanggangnya dan disajikan untuk camilan.

Mirip dengan biji labu panggang, hasil biji semangka yang dipanggang juga akan renyah. Pisahkan biji semangka dari daging buahnya, lalu bilas hingga bersih dan tiriskan hingga kering.

Sebar biji semangka di atas loyang, semprot dengan sedikit minyak dan panggang selama 15-20 menit. Taburkan dengan sedikit garam setelah biji semangka panggang sudah matang.

Lainnya, kamu bisa mencampur biji semangka dengan mentega dan tepung sebelum menggoreng atau memanggangnya.

Sesuaikan konsumsi biji semangka dengan kondisi tubuh karena terlalu banyak mengonsumsinya bisa menyebabkan ketidaknyamanan pencernaan bila memiliki sistem pencernaan sensitif.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Apakah Biji Semangka Aman Dimakan?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/09/103300475/apakah-biji-semangka-aman-dimakan-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm