Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA)
Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA) ( KOMPAS.COM)

Harga dan Seberapa Lama Untuk Pengerjaan Press Segitiga Motor

10 Oktober 2023 19:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Motor usai jatuh biasanya tidak enak saat dibawa jalan. Masalah yang kerap terjadi setang seperti lari alias tidak sinkron, hal itu disebabkan "segitiga" bengkok.

Cara untuk mengembalikan komstir motor ke kondisi semula ialah dengan cara press atau metode tekan. Press ini biasanya dilakukan di bengkel khusus press sepeda motor.

Sumantri alias Tri, pemilik Bengkel Press Motor (BPM), di Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, press segitiga motor merupakan pengerjaan yang paling banyak dilakukan di bengkelnya.

"Paling banyak segitiga, pelek, dan rangka, soalnya di sini dekat dengan bengkel-bengkel motor jadi mereka order di sini," kata Tri kepada Kompas.com, Senin (9/10/2023).

Tri mengatakan dia sudah biasa melakukan perbaikan press segitiga motor. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk press segitiga cukup satu jam.

"Lama pengerjaan segitiga satu jam kurang," kata Tri.

Tri mengatakan, konsumen bisa datang dengan cuma membawa komponen yang akan di press atau motornya sekalian, nanti baru dibongkar di bengkelnya.

Tapi harga untuk press segitiga motor "tentengan" beda dengan bongkar pasang. Bila konsumen datang sudah dalam kondisi "pretelan" maka tidak pakai ongkos jasa jadi lebih murah.

"Kalau mau bawa pretelan bisa atau bongkar di sini bisa. Kalau malas bawa saja di sini atau kalau buka di bengkel pasti sama mekanik di bawa ke sini," ujar Tri. "Kalau tentengan beda sama bongkar pasang sendiri," ujar Tri.

Berikut ini biaya press segitiga motor:

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm