Ilustrasi buah sawo.
Ilustrasi buah sawo. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Edgunn)

Kaya Antioksidan, Berikut Ini 5 Kandungan Nutrisi dalam Buah Sawo

11 Oktober 2023 14:59 WIB

SonoraBangka.id -  Sawo atau sawo manila adalah buah yang berasal dari Amerika Tengah, namun mudah didapat di Indonesia. Sawo memiliki rasa manis dan segar, serta tekstur yang lembut. Buah sawo ternyata salah satu buah mengandung antioksidan baik bagi tubuh.

Selain itu kandungan gula di dalam sawo aman bagi penderita diabetes, tentunya mengonsumsinya tidak berlebih. Simak kandungan nutrisi dalam buah sawo, dikutip dari majalah "Sedap / ED 10 2017" (2017) karya Sedap terbitan PT Gramedia Pustaka Utama.

1. Gula buah

Gula buah pada buah sawo merupakan zat gizi utama. Kandungan gula yang tinggi namun tetap boleh dimakan oleh penderita diabetes. Kelebihan gula juga diimbangi oleh serat, antioksidan, zat-zat fitokimia yang bermanfaat mengendalikan kadar gula darah.

2. Antioksidan

Getah sawo dalam kadar sedikit sebetulnya adalah antioksidan yang bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan dan meremajakan kulit. Antioksidan juga didapat dalam kandungan vitamin C yang membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif, dapat menyebabkan penyakit.

3. Vitamin

Buah sawo mengandung 30 persen vitamin C, nutrisi yang diperlukan untuk produksi kolagen, dan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu tedapat vitamin A, asam folat, dan vitamin B. 

4. Mineral

Mineral utama pada sawo adalah kalium, mineral ini berguna untuk mengendalikan tekanan darah tinggi. 

5. Senyawa tumbuhan yang kuat

Sejumlah komponen bioaktif telah diisolasi dari buah sawo termasuk triterpen dan polifenol seperti tanin dan flavonoid. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan tinggi polifenol seperti asam galat dan quercetin dapat mengurangi risiko sejumlah penyakit kronis mulair dari penyakit jantung hingga diabetes tipe 2.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Kandungan Nutrisi dalam Buah Sawo, Kaya Antioksidan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/11/070500775/5-kandungan-nutrisi-dalam-buah-sawo-kaya-antioksidan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm