Ilustrasi parutan keju.
Ilustrasi parutan keju. ( SHUTTERSTOCK/AFRICA STUDIO)

Pakai Singkong atau Lemon, Berikut 7 Cara Bersihkan Parutan Keju

11 Oktober 2023 15:06 WIB

SonoraBangka.id -  Kamu perlu bersihkan parutan keju secara rutin, agar tidak ada sisa makanan yang menempel. Mengingat, parutan keju biasa digunakan dalam berbagai hidangan seperti salad hingga pasta.

Oleh karena itu, ada banyaknya bahan masakan yang bisa diparut untuk dihidagkan biasanya membuatnya menempel pada parutan keju. Dilansir dari beberapa sumber, simak cara bersihkan parutan keju dengan bahan sederhana di dapur. 

1. Gunakan lemon

Dilansir dari laman The Kitchn, kamu bisa menggunakan lemon untuk mengeluarkan sisa makanan yang ada di sela-sela parutan keju. Potong buah lemon kemudian usapkan ke permukaan lubang parutan. Selain bisa menghilangkan bahan makanan yang menempel, lemon juga bisa membersihkan parutan keju yang berlemak.

2. Sikat dengan bulu kering

Dilansir dari laman Good Housekeeping, kamu bisa menggunakan sikat dengan bulu kering. Gerakkan bolak-balik pada permukaan parutan untuk menghilangkan sisa bahan makanan yang menempel.

3. Gunakan sikat kue

Dilansir dari laman Tasting Table, gunakan sikat kue untuk menghilangkan sisa parutan mentega, jahe, atau bawang putih. Cara ini bisa menjangkau ke sela-sela parutan lebih dalam sehingga sisa bahan makanan yang menempel bisa hilang seketika.

4. Gunakan singkong

Dilansir dari buku "1001 Tip Seputar Dapur Sehat, Hemat Dan Kreatif" oleh Aphrodittaa M. Shanty terbitan Andi Publisher, kamu bisa menggunakan singkong kupas untuk menghilangkan sisa kotoran pada parutan. Parut singkong kemudian diamkan selama satu jam. Cuci dan bilas hingga bersih.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm