Ilustrasi mentega untuk membuat kue.
Ilustrasi mentega untuk membuat kue. ( SHUTTERSTOCK/Chiociolla)

Mana yang Paling Bagus untuk Bikin Kue? Margarin Atau Mentega

11 Oktober 2023 15:11 WIB

SonoraBangka.id - Margarin dan mentega sama-sama sering digunakan untuk memasak. Hanya saja, fokus penggunaannya berbeda.

Margarin dibuat dari lemak nabati, sementara mentega dibuat dari susu atau lemak hewani. Dilansir dari Food Network, bahan baku dua jenis lemak ini menghasilkan tekstur, warna, hingga titik leleh berbeda.

Mentega umumnya berwarna kuning muda atau pucat, sementara margarin terlihat kuning cerah.

Tekstur margarin lebih berminyak, sementara mentega sangat lembut sehingga lebih cepat leleh dibandingkan dengan margarin yang meleleh pada suhu lebih tinggi.

Itu sebabnya, bila ingin membuat kue yang dipanggang, mentega merupakan pilihan tepat daripada margarin. Alasan lainnya, kandungan lemak mentega yang lebih tinggi akan menghasilkan tekstur sempurna pada kue panggang, seperti dilansir All Recipes.

Kue-kue yang digoreng, juga sebaiknya dibuat menggunakan mentega karena dinilai lebih tahan terhadap penguraian panas. Sebab, mentega tidak akan menggumpal seperti yang terjadi bila menggunakan jenis lemak tak jenuh.

Khusus jenis mentega tawar atau tanpa garam, cocok digunakan untuk membuat aneka kue kering supaya lebih renyah.

Masak dengan margarin

Meskipun mentega sangat baik digunakan untuk membuat kue, bukan berarti margarin tidak bagus dipakai untuk memasak.

Margarin juga bisa digunakan untuk campuran makanan, seperti olesan roti panggang dan lemak untuk membuat popcorn.

Terkadang, margarin bisa dijadikan mentega. Tergantung masakan yang sedang dibuat. Margarin dapat dijadikan pengganti mentega saat membuat kue vegan atau nabati karena tidak mengandung susu.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Margarin atau Mentega, Mana Paling Bagus untuk Bikin Kue?", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/11/123100775/margarin-atau-mentega-mana-paling-bagus-untuk-bikin-kue-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm