Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji.
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Pangkalpinang, Kurniaji. ( dok Bangkapos.com )

BMKG Prediksi Musim Penghujan di Babel Tiba Pada Bulan November

11 Oktober 2023 17:23 WIB

SonoraBangka.id - Prediksi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bahwa musim kemarau akan berakhir mulai akhir Oktober ini.

Awal musim hujan diprediksi tiba secara bertahap, dimulai awal November 2023.

Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Pangkalpinang Kurniaji menyebutkan, sebagian besar wilayah Bangka akan memasuki musim penghujan paling lambat dasarian III November.

Sedangkan, untuk beberapa wilayah di pulau Belitung diprediksi akan mulai hujan lebih awal yaitu pada dasarian II November mendatang.

"Sesuai informasi terupdate dari Stasiun Klimatologi Bangka Belitung, musim kemarau diprediksi akan berakhir pada akhir Oktober 2023. Dan musim penghujan akan data pada bulan November," ujar Kurniaji kepada Bangkapos.com, Rabu (11/10/2023).

Kata Kurniaji, terkait potensi kemarau yang lebih panjang, pihaknya belum bisa memastikan.

Menurutnya, BMKG biasa akan segera mengupdate informasi prakiraan awal musim penghujan, lebil awal atau lebih lambat, setelah melakukan analisa menyeluruh dan mendalam terhadap semua unsur cuaca iklim mulai dari skala global hingga lokal.

Diungkapkannya bahwa, jika betul terindikasi akan ada potensi perpanjangan musim kemarau melewati akhir November maka III dasarian sebelumnya akan dilakukan pembaharuan prakirawan awal musim oleh BMKG kepada masyarakat.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Cuaca Masih Panas Terik, BMKG Prediksi Musim Penghujan di Babel Tiba Pada Bulan November , https://bangka.tribunnews.com/2023/10/11/cuaca-masih-panas-terik-bmkg-prediksi-musim-penghujandi-babel-tiba-pada-bulan-november.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm