Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang(dok. Mercedes-Benz Indonesia)
Pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang(dok. Mercedes-Benz Indonesia) ( KOMPAS.COM)

Inchcape Pastikan Mulai Untuk Produksi Lokal GMW pada 2024

12 Oktober 2023 19:25 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Perusahaan distribusi, retail, dan layanan otomotif multinasional asal Inggris, Inchcape Plc, memastikan bakal melakukan terobosan besar untuk ekspansi bisnis ke pasar kendaraan bermotor nasional pada tahun depan.

Bersama mitra lokalnya yaitu Indomobil Group, salah satu langkah dimaksud ialah memulai aktivitas produksi mobil elektrifikasi dari Great Wall Motors (GMW) yang menyasar kelas menengah ke atas.

Diungkapkan Group CEO Inchcape Plc Duncan Tait, produksi mobil GMW akan dilakukan di fasilitas perakitan milik Mercedes-Benz yang bertempat di Wanaherang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Saat kita resmi membeli bisnis Mercedes-Benz di Indonesia, kita tidak hanya bicara soal distribusi dan penjualan ritel saja tetapi fasilitas perakitannya. Kita akan selesaikan proses pengalihan pabrik dalam beberapa hari ke depan," katanya dalam wawancara ekslusif bersama Kompas.com di Jakarta belum lama ini.

"Dengannya, kita akan membawa lebih banyak model Mercedes-Benz ke Indonesia, seraya memproduksi GMW di fasilitas yang sama," lanjut Duncan.

Hanya saja dalam kesempatan tersebut dirinya belum mau berbicara lebih jauh mengenai model apa yang akan dirakit lokal untuk pertama kali. Tapi yang pasti, produk dimaksud merupakan mobil elektrifikasi alias listrik.

"Kita akan membawa banyak kendaraan elektrifikasi (new energy vehicle)," katanya lagi.

Diketahui, Inchcape saat ini memiliki beberapa kerja sama dengan Indomobil untuk masuk ke pasar otomotif Indonesia. Salah satu yang santer ialah mengalihkan kepemilikan merek Mercedes-Benz Indonesia dari Mercedes-Benz AG ke Inchcape dan Indomobil.

Dalam kemitraannya itu, Inchcape memiliki kepemilikan 70 persen saham. Sementara pihak Indomobil Group memegang 30 persen sisanya.

Tidak berselang lama, mereka melakukan kerja sama strategis global lagi dengan Great Wall Motor Company Limited dengan proporsi kepemilikan saham yang sama. Melalui mitra terkait, Inchcape akan memasarkan tiga merek sekaligus, yaitu Haval, Ora, dan Tank.

Adapun pabrik perakitan milik Mercedes-Benz di Wanaherang, memiliki luas mencapai 43 hektar dengan kapasitas produksi 6.100 unit per tahunnya dalam satu shift. Fasilitas ini telah memproduksi Mercedes-Benz A Class hingga C Class.

"Indonesia merupakan negara yang besar dengan kepemilikan populasi mencapai 270 juta penduduk, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) di level 5 persen, serta penjualan mobil satu juta unit setiap tahunnya," kata Duncan.

"Dengan potensi yang besar itu, saya yakin pasar otomotif akan semakin bertumbuh besar dan kami bertekad menjadi salah satu perusahaan yang berkontribusi. Khususnya, dalam hal menghadirkan kendaraan ramah lingkungan," ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Inchcape Pastikan Mulai Produksi Lokal GMW pada 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/12/080200915/inchcape-pastikan-mulai-produksi-lokal-gmw-pada-2024.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm