Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang akan menjadi venue gelaran MotoGP 2023 di Indonesia. Infrastruktur kelistrikan, peralatan pendukung dan personel PLN di lokasi ini telah siap 100 persen untuk mendukung gelaran acara
Sirkuit Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat yang akan menjadi venue gelaran MotoGP 2023 di Indonesia. Infrastruktur kelistrikan, peralatan pendukung dan personel PLN di lokasi ini telah siap 100 persen untuk mendukung gelaran acara ( PT (PLN) Persero)

PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Siap Buat Gelaran MotoGP Mandalika

12 Oktober 2023 20:09 WIB

SonoraBangka.ID - PT PLN (Persero) melalui Unit Induk Nusa Tenggara Barat (UIW NTB) memastikan telah menyelesaikan 100 persen persiapan kelistrikan gelaran MotoGP 2023 di Sirkuit Mandalika yang akan diselenggarakan pada 13-15 Oktober 2023.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, pihaknya bakal menyuplai listrik yang andal dengan sistem keamanan pasokan berlapis pada ajang balap motor internasional tersebut.

"PLN selalu siap mendukung gelaran event skala nasional maupun internasional dengan listrik yang andal," ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (12/10/2023).

Menurutnya, PLN telah memiliki standar sistem kelistrikan untuk event seperti internasional. PLN pun sudah memilik pengalaman dalam menyuplai listrik saat gelaran KTT G20, KTT ASEAN, Kejuaran Dunia Motorcross (MXGP), Idemitsu Asian Talent Cup (IATC), Shell Eco-Marathon.

General Manager PLN UIW NTB Sudjarwo menjelaskan, saat ini progress kesiapan instalasi utama dan back up semua venue event MotoGP di Sirkuit Mandalika telah berjalan sesuai dengan rencana.

"Progress setup instalasi kelistrikan di lokasi Sirkuit Mandalika yang terdiri dari pekerjaan setup venue utama dan peralatan back up, instalasi jaringan listrik, kesiapan personal, aset dan sarana serta checklist keandalan sistem telah selesai," paparnya.

Ia menuturkan, uraian kesiapan instalasi dan sarana pendukung meliputi kesiapan sistem transmisi di sistem Lombok dengan pola operasi Lombok ring 2 sirkuit.

Listrik Mandalika dipasok dari gardu induk (GI) Kuta sebesar 30 mega volt ampere (MVA) dan GI Sengkol sebesar 60 MVA.

Lalu kesiapan sistem distribusi disuplai dari 3 feeder yakni Mandalika1, Mandalika2 & Sengkol dengan skema Zero Down Time (ZDT), kesiapan peralatan pendukung dan kesiapan personil.

Sementara untuk kesiapan peralatan pendukung, PLN telah menyiapkan 18 unit genset, 19 unit uninterruptible power supply (UPS) mobile, 9 unit gardu bergerak (UGB), dan 18 unit automatic transfer switch (ATS), serta kesiapan personil 180 orang dengan didukung sarana 25 unit mobil dan 12 unit motor.

Sudjarwo menambahkan, PLN juga telah menyiapkan tiga tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan (PDKB) yang terdiri dari 8 orang personil PDKB berjarak dan 7 orang personil PDKB sentuh langsung.

Selain itu, PLN juga menyiapkan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) tambahan sebanyak 5 unit. Terdiri dari 2 unit SPKLU eksisting dan 3 unit SPKLU mobile dengan 1 unit berkapasitas 50 kilowatt (kW) dan 2 unit kapasitas 200 kW yang telah terpasang di Sirkuit Mandalika.

"Dari persiapan yang sudah kami lakukan, kami telah siap mengawal gelaran MotoGP 2023 di Mandalika," sebut Sudjarwo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "PLN Pastikan Sistem Kelistrikan Siap Buat Gelaran MotoGP Mandalika ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/12/173900726/pln-pastikan-sistem-kelistrikan-siap-buat-gelaran-motogp-mandalika-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm