Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA)
Ilustrasi bengkel spesialis press sasis dan setang motor(KOMPAS.com/GILANG SATRIA) ( KOMPAS.COM)

Ini Bagian Rangka Motor Bengkok yang Sulit Untuk Diperbaiki

12 Oktober 2023 20:40 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Rangka tidak lurus atau bengkok membuat pengendalian sepeda motor tidak nyaman. Motor tidak bisa lurus saat dikendarai dan cenderung akan "lari" ke kiri atau kanan tergantung arah bengkoknya.

Sumantri alias Tri dari Bengkel Press Motor (BPM) di Limo, Depok, Jawa Barat, mengatakan, rangka yang bengkok dapat dibagi dalam dua jenis yaitu pertama bengkok di depan dan kedua bengkok di belakang.

Rangka bengkok depan kata Tri biasanya berhubungan dengan segitiga dan komstir, sedangkan rangka bengkok belakang terjadi di bagian belakang atau di sub frame.

"Rangka depan dan rangka belakang yang lebih susah dibetulin rangka belakang. Sebab mesti lurus, ada sokbreaker. Jadi memang dia lebih sulit," ujar Tri kepada Kompas.com, belum lama ini. Tri mengatakan, ada ciri-ciri khusus jika rangka bengkok.

"Rangka depan itu dapat dilihat dari pegangan segitiga setang (komstrir) ada yang melintir atau mendem ke dalam. Terlihat biasanya dari setang yang tidak sejajar atau jengat (naik)," ujar Tri.

"Kalau rangka belakang dia kelihatan itu di ban mencong (tidak sejajar) dan kemudian kadang dari jok itu naik sebelah. Bagaimana posisi rangka belakang yang melintir," ujar Tri.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ini Bagian Rangka Motor Bengkok yang Sulit Diperbaiki", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/12/100200315/ini-bagian-rangka-motor-bengkok-yang-sulit-diperbaiki.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm