Ilustrasi olahraga
Ilustrasi olahraga ( Shutterstock/Tirachard Kumtanom)

5 Ide Self-Healing untuk Kesehatan Mental, Bikin Kantong Nggak Bolong!

14 Oktober 2023 11:35 WIB

SonoraBangka.id - Menurut sebuah riset Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), ada lebih dari 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional.

Ini membuat proses pemulihan kesehatan emosional yang memburuk atau self-healing sangat dianjurkan.

Namun, terkadang orang merasa ragu untuk melakukan self-healing karena berpikir harus mengeluarkan banyak uang.

Nah, tapi Kawan Puan tak perlu khawatir, karena untuk menenangkan diri atau melakukan penyembuhan batin bagi kesehatan mental tak melulu harus mengeluarkan banyak uang.

Berikut ini lima cara self-healing yang tak bikin kantong kempis.

Banyak cara untuk bisa healing, mulai dari berlibur hingga mendekorasi rumah

1. Staycation Sejenak

Menurut Psikolog, Indah Sundari, M.Psi (8/2/2022), ada beberapa tanda peringatan awal yang menunjukkan seseorang harus mulai memperhatikan kondisi kesehatan mental.

“Misalnya, kualitas tidur dan nafsu makan terganggu, produktivitas menurun karena tidak fokus dan lain-lain. Artinya kita perlu sediakan waktu untuk ‘istirahat’ dari rutinitas, termasuk bekerja, untuk melakukan kegiatan menyenangkan sehingga pikiran kita bisa recharged kembali,” jelas Indah, seperti dikutip dari rilis yang diterima PARAPUAN.

“Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat istirahat dari rutinitas adalah bermalam di hotel dan memanfaatkan berbagai fasilitas, seperti berenang atau nonton film favorit di kamar.

SumberParapuan.co
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm