Ilustrasi sambal ulek.
Ilustrasi sambal ulek. ( Dok. Shutterstock/Aufa Fahmi Furqon)

Resep Sambal Ulek Terasi Matang untuk Makan Ayam Goreng dan Lalapan

14 Oktober 2023 15:39 WIB

SonoraBangka.id - Sambal terasi cocok disantap dengan aneka lauk, khususnya ayam goreng dan lalap. Aroma sambal yang khas dari terasi udang membuat napsu makan jadi semakin lahap. 

Sama seperti sambal lainnya, bahan sambal terasi terbilang sederhana dan bisa diulek agar lebih nikmat.  Simak resep sambal ulek terasi dari buku "115 Resep 27 Set Menu untuk Hari Istimewa & Sehari-hari," karya Lilik Indrayani (2022) Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama. 

Resep sambal ulek terasi

Bahan: 

30 cabai rawit

10 siung bawang merah, potong jadi tiga atau empat

3 buah tomat ukuran sedang, pilih yang matang belah dua

10 gr terasi 

1/2 sdt garam

1/2 sdt kaldu bubuk atau sesuai selera

1/2 sdt gula pasir

Cara membuat sambal ulek terasi: 

1. Goreng cabai, bawang merah, tomat, dan terasi selama tiga sampai lima menit. Angkat langsung taruh di cobek. Tambahkan lima sendok makan minyak panas bekas goreng sambal. 

2. Tambahkan garam, gula, dan kaldu bubuk. Ulek semua bahan dan koreksi rasanya. 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resep Sambal Ulek Terasi Matang untuk Makan Ayam Goreng dan Lalapan ", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/12/180700875/resep-sambal-ulek-terasi-matang-untuk-makan-ayam-goreng-dan-lalapan-.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm