Ilustrasi aluminium foil.
Ilustrasi aluminium foil. ( SHUTTERSTOCK/SERGIY KUZMIN)

Berikut 5 Cara Gunakan Aluminium Foil untuk Membersihkan Dapur

15 Oktober 2023 14:13 WIB

SonoraBangka.id -  Fungsi utama aluminium foil adalah membungkus makanan, khususnya yang akan dipanggang. Bahan ini akan menjaga makanan terkena panas api langsung dan mematangkannya hingga bagian dalam.

Aluminum foil juga bisa digunakan sebagai bungkus untuk menyimpan makanan, menjaganya bersih dari bahan makanan di sekitar. Selain itu, aluminium foil dapat dimanfaatkan sebagai pembersih peralatan dapur, seperti dilansir All Recipes berikut ini.

1. Membersihkan panci 

Perhatikan panci atau wajan. Bila ada sisa makanan yang mengeras dan berubah menjadi kerak, coba bersihkan dengan aluminium foil. Bentuk aluminium foil bulat, lalu siram panci atau wajan dengan sedikit air, lalu gosok perlahan hingga bersih.

2. Membersihkan sendok dan garpu 

Siapkan garam dan soda kue. Campur satu banding satu kedua bahan tersebut dengan banyak air. Siapkan wadah tahan panas, lalu lapisi dengan aluminium foil dan tuang cairan pembersih tersebut. Masukkan sendok atau garpu stainless steel dan biarkan terendam selama beberapa menit hingga bersih.

3. Membersihkan oven 

Letakkan aluminium foil di bagian rak bawah oven untuk menampung tetesan atau tumpahan saat memanggang. Selesai memasak, kamu bisa mengambil alumium foil dan menjaga oven tetap bersih tanpa harus melalukan pembersihan ekstra. Perhatikan posisi aluminium foil, hindari tempat elemen pemanas agar tidak menimbulkan bahaya kebakaran.

4. Membersihkan noda keran westafel

Cuci dulu bagian kotor pada keran westafel dengan air dan sabun. Kemudian, gunakan aluminium foil untuk memaksimalkan pembersihannya. Lipat aluminium foil berukuran kotak, lalu gosok keran westafel yang bernoda dengan sedikit minyak hingga bersih mengilap.

5. Membersihkan kompor

Sama halnya dengan oven, kamu dapat memanfaatkan aluminium foil untuk mencegah kotoran di sekitar kompor. Alasi sekitar kompor dengan pelapis aluminium ini agar lebih mudah dibersihkan saat sisa masakan berceceran.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Cara Gunakan Aluminium Foil untuk Membersihkan Dapur", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/14/160400275/5-cara-gunakan-aluminium-foil-untuk-membersihkan-dapur.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm