Nasi goreng Kwetiau Aho 28.
Nasi goreng Kwetiau Aho 28. ( Kompas.com/Krisda Tiofani)

Tips dari Chef Tentang Cara Masak Kwetiau Goreng dan Kwetiau Siram

15 Oktober 2023 14:33 WIB

SonoraBangka.id - Kwetiau siram disajikan berkuah, sementara kwetiau goreng dihidangkan kering.

Cara memasak dua macam olahan kwetiau ini berbeda. Namun, perbedaannya bukan hanya terletak pada tambahan kuah.

Waktu memasukkan kwetiau ke dalam masakan juga berbeda. Jafar Sodik, koki senior Kwetiau Aho 28, mengatakan bahwa kwetiau harus digoreng setengah matang, sebelum disiram kuah kaldu.

Hal itu berlaku untuk pembuatan kwetiau siram. Sebab, kwetiau tidak dimasak langsung dengan kuah, seperti yang umum dilakukan saat membuat kwetiau kuah.

Saat kwetiau yang digoreng hampir matang, baru disiram dengan kuah kental yang masih panas sebelum disajikan. 

Sementara itu, kwetiau akan dimasak hingga benar-benar matang saat membuat sajian kwetiau goreng.

"Bedanya, memasukkan telurnya itu di akhir saat membuat kwetiau goreng," kata Jafar dalam Food Review di Foodprint Grand Indonesia, Rabu (11/10/2023). T

elur tidak dimasukkan pertama. Bahan ini harus dimasukkan di akhir, setelah kwetiau dan bumbu tercampur merata. Bila kwetiau sudah hampir matang, potongan daging dan sayur baru dimasukkan di akhir.

Berbeda dengan kwetiau goreng, tambahan daging dan sayur biasanya dimasak bersama kuah kental saat membuat kwetiau siram.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Beda Cara Masak Kwetiau Goreng dan Kwetiau Siram, Tips dari Chef", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/13/171000275/beda-cara-masak-kwetiau-goreng-dan-kwetiau-siram-tips-dari-chef.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm