Ilustrasi rolling pin.
Ilustrasi rolling pin. ( DOK.SHUTTERSTOCK/sc0rpi0nce)

Tidak Mudah Lapuk, Berikut Ini 4 Cara Merawat Rolling Pin Kayu

15 Oktober 2023 14:52 WIB

SonoraBangka.id - Bagi kamu yang sering baking atau membuat aneka kue dan roti di rumah. Salah satu alat yang biasa kamu gunakan adalah rolling pin atau penggilas.

Jika kamu memiliki rolling pin kayu, ada baiknya untuk melakukan perawatan dan pembersihan secara rutin agar awet tahan lama. Dilansir dari beberapa sumber, simak cara rawat rolling pin kayu berikut ini.

1. Jangan gunakan sabun

Dilansir dari laman The Kitchn, hindari menggunakan sabun saat membersihkan rolling pin kayu. Bahan tersebut bisa membuat lapisan minyak alami dari kayu menghilang, sehingga membuat rolling pin mudah keropos.

2. Jangan merendam rolling pin

Selain itu, jangan merendam rolling pin dalam air dengan jangka waktu yang cukup lama. Pasalnya, merendam rolling pin bisa membuatnya bengkok, melengkung, atau retak. Cara ini perlu dihindari, terutama jika rolling pin yang dimiliki memiliki gagang dari logam. Merendamnya dalam air bisa membuat lapisan logam cepat berkarat.

3. Gunakan soda kue

Ditambahkan dari laman The Daily Meal, soda kue merupakan pembersih yang efektif untuk penggilas adonan dan peralatan dapur lainnya. Taburkan soda kue di permukaan rolling pin kemudian ambil kain basah, gosokkan di sepanjang penggilas adonan. Soda kue merupakan bahan yang bagus untuk digunakan sebagai pembersih karena sifatnya yang abrasif.

4. Gunakan minyak zaitun

Cara rawat rolling pin kayu yang selanjutnya adalah dengan mengolesi permukaan penggilas dengan minyak zaitun. Minyak bisa membuatnya terlindungi dari kerusakan saat digunakan di kemudian hari. Selain itu, penggunaan minyak juga bisa membuat adonan tidak mudah menempel.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Cara Rawat Rolling Pin Kayu agar Tidak Mudah Lapuk", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/12/121300475/4-cara-rawat-rolling-pin-kayu-agar-tidak-mudah-lapuk.


K

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm