ilustrasi kue talam ubi merah.
ilustrasi kue talam ubi merah. ( SHUTTERSTOCK/SiskaiPey)

Rebus dengan Kulitnya, Berikut 4 Tips Mengolah Ubi untuk Kue

15 Oktober 2023 15:05 WIB

SonoraBangka.id -  Ubi adalah bahan makanan serbaguna bisa dibuat berbagai macam kue tradisional maupun modern. Ubi dapat diolah menjadi talam, keripik, tela-tela, donat, ronde, kroket, sampai kolak biji salak ubi.

Sebelum diolah menjadi kue tersebut ubi sebaiknya dikukus bersama kulitnya agar tidak banyak menyerap air. Simak tips olah ubi untuk kue berikut ini, dikutip dari majalah "Saji / ED 429 JAN 2019" (2019) karya Saji terbitan PT Gramedia Pustaka Utama. 

1. Kukus ubi

Ubi disarankan dikukus bersama kulitnya agar cita rasa manis ubi tetap terjaga dan tidak terlalu banyak menyerap air.

2. Kurangi penggunaan gula

Ubi memiliki rasa manis alami, maka sebaiknya kurangi menggunakan gula pasir pada adonan agar tidak terlalu manis.

3. Haluskan ubi saat panas

Haluskan ubi selagi panas agar tidak ada bagian yang menggumpal.

4. Goreng ubi di atas api kecil

Ubi yang digoreng akan cepat gosong karena memiliki rasa manis seperti gula. Jadi sebaiknya goreng ubi di atas api kecil saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "4 Tips Olah Ubi untuk Kue, Rebus dengan Kulitnya", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/12/070300575/4-tips-olah-ubi-untuk-kue-rebus-dengan-kulitnya.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm