Ilustrasi kecombrang.
Ilustrasi kecombrang. ( SHUTTERSTOCK/Kathleen JT)

Bisa Jadi Pengawet Makanan, Berikut Ini 6 Manfaat Kecombrang

15 Oktober 2023 15:12 WIB

SonoraBangka.id - Kecombrang tentu digunakan untuk memasak. Tanaman bunga ini menghasilkan rasa asam menyegarkan pada masakan. Lebih dari itu, ada banyak manfaat kecombrang yang bisa kamu ketahui, baik dari segi masakan maupun di luarnya.

Simak manfaat kecombrang dari buku "Budidaya Sayuran Lokal" (2016) oleh Dr. Rahmat Rukmana dan Herdi Yudirachman terbitan Penerbit Nuansa Cendekia berikut ini.

1. Pemberi rasa asam

Fungsi utama kecombrang adalah memberikan rasa asam. Biasanya, dijadikan pengganti buah asam berupa tamarin. Kecombrang dapat digunakan untuk memasak ikan mas, membuat sambal, hingga campuran pecel sayur.

2. Penyedap masakan

Masyarakat Sumatera dan Jawa banyak yang memanfaatkan kecombrang sebagai penyedap masakan. Misalnya, untuk membuat cipera, nurung gule, tangas-tangas, dan lomok-lomok, sejumlah masakan khas Karo. Baca juga: Resep Nasi Pecel Kawi Khas Malang, Lebih Wangi Tambah Kecombrang Apa Itu Kecombrang, Bunga untuk Bumbu Rasa Asam? Resep Sambal Teri Kecombrang, Aromanya Harum

3. Mempercantik masakan

Indahnya warna kecombrang tak lepas membuat bunga ini menambahkan warna dalam masakan. Umumnya, kecombrang berwarna merah muda kehijauan. Namun, orang Sunda di bogor justru memanfaatkan rimpangnya untuk mendapatkan warna kuning.

4. Menghilangkan bau badan

Aroma kecombrang wangi. Itu sebabnya, bunga ini memiliki fungsi yang sama dengan kemangi, yakni untuk menghilangkan bau badan. Sebab, kecombrang mengandung zat aktif berupa saponin, polifenol, dan flavonoida untuk mengurangi bau badan.

5. Mengusir nyamuk dan dijadikan sabun

Batang kecombrang bisa digosokkan langsung ke badan, dengan catatan kecombrang sudah bersih. Penggunaan kecombrang sebagai sabun ini juga mampu membuatnya sebagai pengusir nyamuk alami.

6. Pengawet makanan

Penelitian oleh Fakultas Pertanian Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto, menemukan bahwa kecombrang bisa dijadikan pengawet makanna alami. Misalnya, bakso, tahu, siomay, mi basah, dan nugget. Kecombrang harus dikeringkan dalam pengering dengan suhu 50 derajat celsius selama 20 jam, lalu digiling. Ekstrak kecombrang ini bisa digunakan untuk pengaewet makanan alami.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "6 Manfaat Kecombrang, Bisa Jadi Pengawet Makanan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/15/080800575/6-manfaat-kecombrang-bisa-jadi-pengawet-makanan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm