Kemah Pemuda Lintas Agama Bakal Jadi Program Unggulan Kesbangpol dan FKUB Pangkalpinang
Kemah Pemuda Lintas Agama Bakal Jadi Program Unggulan Kesbangpol dan FKUB Pangkalpinang ( Kemenag Pangkalpinang)

Kemah Pemuda Lintas Agama Bakal Jadi Program Unggulan Kesbangpol dan FKUB Pangkalpinang

15 Oktober 2023 19:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Kegiatan kemah pemuda lintas agama sepertinya bakal jadi program unggulan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Pangkalpinang di tahun-tahun mendatang, menyusul suksesnya perhelatan yang digelar di Bukit Pinteir, Kelurahan Dul, Kecamatan Pangkalan Baru, selama 2 hari ini (14 - 15 Oktober 2023).

Tak hanya sukses digelar, manfaat dari kegiatan ini pun nyata terlihat. Terbukti perwakilan para peserta mampu mendeskripsikan dan menganalogikan pemahaman mereka terhadap kerukunan umat beragama dengan baik melalui pidato singkat yang disajikan dihadapan para panitia.

Kevin, salah satu peserta perwakilan dari agama Buddha yang ditemui di lokasi seusai pelaksanaan kemah pemuda lintas agama tersebut menuturkan, dalam kegiatan itu ia mendapatkan banyak manfaat, mulai dari berbaur dan menjalin komunikasi yang baik dengan rekan-rekan dari berbagai latar belakang agama yang berbeda-beda, hingga saling bertukar pikiran dan pandangan terkait pemahaman agama masing-masing.

Selain itu, lanjutnya, materi yang disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten di bidang tersebut, terkait wawasan kebangsaan dan kerukunan dalam perspektif masing-masing agama pun semakin menguatkan semangat kami untuk selalu menjaga dan memelihara kerukunan antar umat beragama.

"Dengan ini, maka kami semua jadi semakin memiliki pemahaman yang mendalam, serta dapat meminimalisir terbangunnya stereotip negatif terhadap agama lain. Sehingga kerukunan pun akan semakin mudah untuk diwujudkan," tuturnya.

Tak hanya itu, lanjutnya, outbound yang dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan kemah ini juga menumbuhkan sikap kepemimpinan dalam diri kami, melalui komunikasi dan kerjasama yang baik, hingga pada akhirnya kami dapat mencapai tujuan secara bersama-sama.

"Semoga dengan mengikuti kegiatan positif seperti ini, kami para pemuda dapat menjelma menjadi generasi penerus bangsa yang memiliki karakter kuat dan berkontribusi dalam menciptakan kondusifitas dan kerukunan di tengah-tengah masyarakat," harapnya.

Terkait hal ini, Marini, Kepala Bidang Ideologi Wawasan Kebangsaan dan Ketahanan Ekonomi Sosial Budaya dan Agama Badan Kesbangpol Kota Pangkalpinang yang dihubungi secara terpisah mengungkapkan bahwa para peserta kemah pemuda lintas agama ini diharapkan dapat menjadi duta atau agen kerukunan yang dapat memberikan contoh baik dalam mengembangkan sikap toleransi beragama bagi teman sebaya khususnya maupun masyarakat Kota Pangkalpinang umumnya.

"Program yang melibatkan para pemuda lintas agama ini akan menjadi program rutin unggulan hasil sinergi FKUB bersama Badan Kesbangpol Pangkalpinang sebagai upaya menjaga dan merawat kerukunan umat beragama di Kota beribu senyuman yang kita cintai ini." tutupnya.

PenulisZulhaidir
EditorZulhaidir
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm