Kabut asap pekat selimuti wilayah Perkantoran Pemkab Bangka Barat, pada Selasa (17/10/2023) pagi. Kabut asat sangat terlihat dari Lapangan Atletik Pemkab Bangka Barat, jarak pandang terganggu akibat kabut asap tersebut.
Kabut asap pekat selimuti wilayah Perkantoran Pemkab Bangka Barat, pada Selasa (17/10/2023) pagi. Kabut asat sangat terlihat dari Lapangan Atletik Pemkab Bangka Barat, jarak pandang terganggu akibat kabut asap tersebut. ( Bangkapos.com/Riki Pratama )

Wilayah Perkantoran Pemkab Bangka Barat Diselimuti Kabut Asap, BPBD Menduga Kiriman dari Daerah Sumsel

17 Oktober 2023 09:41 WIB

SonoraBangka.id - Dikletahui, kabut asap pekat selimuti wilayah Perkantoran Pemkab Bangka Barat, pada Selasa (17/10/2023) pagi. 

Kabut asat sangat terlihat dari Lapangan Atletik Pemkab Bangka Barat, jarak pandang terganggu akibat kabut asap tersebut.

Asap kiriman itu diduga kuat, berasal dari kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dari wilayah Sumatera yang saat ini mengganggu aktivitas.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangka Barat, Achmad Nursyandi, mengatakan, masih melakukan pengecekan wilayah mana saja yang diselimuti oleh kabut asap.

"Teman-teman sedang mengecek, diduga kemungkinan ini dari kiriman daerah sebelah (Sumsel)," kata Nursyandi kepada Bangkapos.com, Selasa (17/10/2023).

Ia menambahkan, untuk kebakaran di daerah Bangka Barat sendiri, tidak terjadi secara signifikan dan berdampak luas terhadap kabut asap, seperti hari ini.

"Kalau ditempat kita tidak signifikan kebakarannya yang menyumbangkan kabut asap," katanya.

Sehingga dengan kondisi ini, BPBD Bangka Barat akan membagikan ribuan masker ke warga yang berada di tempat umum untuk terhindar dari Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

"Kita akan membagi masker ke tempat umum ke sekolah, tempat umum lainnya, stok 4.000 sesuai kebutuhan. Ini untuk melindungi pernapasan. Gunakan masker, apalagi yang sensitif ada riwayat asma," harapnya.


Artikel ini telah tayang di BangkaPos.com dengan judul Kabut Asap Selimuti Wilayah Perkantoran Pemkab Bangka Barat, BPBD Menduga Kiriman dari Daerah Sumsel, https://bangka.tribunnews.com/2023/10/17/kabut-asap-selimuti-wilayah-perkantoran-pemkab-bangka-barat-bpbd-menduga-kiriman-dari-daerah-sumsel.

SumberBangkapos.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm