Wuling Air ev KTT Indonesia(Wuling Motors)
Wuling Air ev KTT Indonesia(Wuling Motors) ( KOMPAS.COM)

Tentang Kendaraan Listrik, Peneliti BRIN Sebut Masyarakat Kurang Peka

17 Oktober 2023 19:12 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Program elektrifikasi nasional menuju Indonesia bebas emisi terus digaungkan oleh Pemerintah. Upaya ini terbukti dari diadakannya program bantuan khusus, seperti subsidi motor listrik, dan potongan ppn mobil listrik.

Meninjau dari segi efektivitas, program bantuan tersebut nampak diterima baik oleh masyarakat. Terbukti dari meningkatnya populasi dan penjualan kendaraan listrik.

Kendati demikian, Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menilai bila tingkat penyerapan tersebut masih bisa bertambah.

Satu kendala yang dirasa masih sering dijumpai sejauh ini, adalah kurangnya pemahaman masyarakat terhadap kendaraan listrik.

Ganesha Tri Chandrasa, EV and RE Senior Researcher BRIN menjelaskan, ada beberapa sikap keliru yang ditunjukkan oleh pengguna kendaraan listrik pemula, yakni tidak peka dan kurang menggali informasi.

Dia membagikan satu contoh, di mana seringkali, pengguna motor listrik cuma berfokus pada faktor daya jelajah saja lalu menafikkan faktor lainnya, seperti perawatan dan pemeliharaan jangka panjang.

“Ibaratnya itu langsung adu mekanik, head to head (dibandingkan) dengan motor bensin. Motor dipakai full nonstop sampai baterainya tekor. Kelirunya di sini,” ucapnya kepada Kompas.com, Senin (16/10/2023).

Menurutnya, masyarakat harus tetap beradaptasi dengan kendaraan listrik, tidak sebatas pemakaian saja, tapi juga perawatan dan pemeliharaan.

“Sebaiknya literasi dan informasi ditambah. Memang fungsi kendaraan itu untuk dipakai, tapi kan harus dipikirkan juga soal merawatnya bagaimana, kalau mau awet harus bagaimana,” ujar Ganesha.

Dia menambahkan, proses penyaluran informasi juga menjadi tanggung jawab bagi produsen kendaraan listrik dan pemerintah.

“Produsen juga baiknya tidak cuma jualan, tapi juga mengedukasi pengguna supaya paham. Ekosistem (kendaraan listrik) ini disiapkan bukan cuma untuk setahun dua tahun, tapi seterusnya,” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Soal Kendaraan Listrik, Peneliti BRIN Sebut Masyarakat Kurang Peka", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/17/081200915/soal-kendaraan-listrik-peneliti-brin-sebut-masyarakat-kurang-peka.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm