Poles bisa bikin cat mobil menjadi mengkilap tanpa coating.(Fairu)
Poles bisa bikin cat mobil menjadi mengkilap tanpa coating.(Fairu) ( KOMPAS.COM)

Estimasi Untuk Biaya Pengecatan Ulang Mobil, mulai Rp 6 Jutaan

17 Oktober 2023 21:52 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Seiring pemakaian warna cat mobil akan terlihat lebih kusam dari kondisi baru meski beberapa perawatan dilakukan. Hal itu tidak menutup kemungkinan diperlukan pengecatan ulang mobil secara menyeluruh.

Hanya saja, pengecatan ulang mobil dalam skala penuh membutuhkan biaya tidak murah. Sehingga diperlukan alternatif agar mendapatkan harga lebih terjangkau tapi hasilnya tidak terlalu buruk.

Seperti dengan mendatangi bengkel-bengkel body repair rumahan, biasanya mereka menawarkan tarif pengecatan bodi mobil lebih terjangkau.

Fairu, Pemilik Zabadi Body Repair mengatakan pengecatan ulang mobil full body memang tidak murah, namun demi menjaga tampilan kadang memang diperlukan.

“Bila hasil poles yang dilakukan kurang memuaskan, maka pengecatan ulang bodi penuh bisa jadi solusi, dengan demikian tampilan eksterior menjadi segar kembali,” ucap Fairu kepada Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Pria yang mendirikan bengkel body repair di rumahnya, di daerah Bayat, Klaten ini mengatakan banyak pengguna mobil meminta pengecatan ulang bodi mobil kalau kondisinya sudah jelek.

Selain itu, Fairu juga mengatakan pengecatan ulang bisa dijadikan alternatif ketika bosan dengan warna eksterior mobil bawaan standar seperti beberapa pelanggan yang datang ke bengkelnya.

“Kami berupaya menjaga biaya paling terjangkau dan tidak mengabaikan kualitas, sehingga selain mengecatnya kami juga memastikan kondisi dempul pada mobil, setelah itu disampaikan estimasinya kira-kira habis berapa ke konsumen,” ucap Fairu.

Fairu mengklaim banderol yang ditawarkan termasuk murah jika dibandingkan dengan bengkel-engkel lain karena lokasi bengkelnya memang di rumah sendiri, sehingga tidak memikirkan biaya sewa lapak.

“Estimasi biaya pengecatan ulang mobil full body untuk mobil kecil seperti Avanza mulai Rp 6 jutaan dengan catatan tidak membutuhkan dempul terlalu banyak, sementara mobil yang sedikit besar seperti Innova mulai Rp 7 jutaan,” ucap Fairu.

Untuk mendapatkan estimasi harga pasti, Fairu menyarankan agar mobil dibawa secara langsung ke bengkel untuk dilakukan pemeriksaan lebih detail sehingga estimasinya lebih akurat.

Lokasi bengkel Zabadi Body Reapir tepatnya berlokasi di Dusun I, Wiro, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten. Jam bukanya, setiap hari kecuali Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Estimasi Biaya Pengecatan Ulang Mobil, mulai Rp 6 Jutaan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/17/191200015/estimasi-biaya-pengecatan-ulang-mobil-mulai-rp-6-jutaan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm