Ilustrasi daun pisang di atas wadah bambu.
Ilustrasi daun pisang di atas wadah bambu. ( SHUTTERSTOCK/OQBAS)

Untuk Ekstrak Pewangi Makanan, Berikut Cara Membuat Air Daun Pisang

18 Oktober 2023 14:31 WIB

SonoraBangka.id - Daun pisang sering dijadikan pembungkus makanan, seperti lemper, garang asem, pepes, nasi bakar, hingga gadon.

Selain sebagai wadah makanan, daun pisang juga mampu menambah aroma wangi saat membuka bungkus makanan. Kini, daun pisang dapat diolah menjadi ekstrak dan dicampur ke dalam adonan makanan untuk menambah aromanya.

Cara ini bisa digunakan bila kamu tidak membutuhkan daun pisang sebagai pembungkus, tetapi ingin tetap mendapatkan aromanya. Cara membuat air daun pisang ini dibagikan langsung oleh Chef Ragil Imam Wibowo saat ditemui media usai acara perilisan buku "Comfort Food Memoirs. Kisah Makanan yang Menenangkan beserta Resepnya" pada Rabu (16/10/2023).

Gunakan perbandingan dua daun pisang untuk satu air saat membuat ekstraknya agar lebih wangi. 

Resep air daun pisang

Bahan:

200 gr daun pisang

100 ml air

Cara membuat air daun pisang

1. Cuci bersih daun pisang dan iris-iris.

2. Campur dan pisang dan air. Rebus hingga mendidih.

3. Saring air daun pisang dan dinginkan. Pakai air daun pisang untuk campuran makanan yang biasa dibungkus dengan daun ini.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Membuat Air Daun Pisang untuk Ekstrak Pewangi Makanan", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/18/080200075/cara-membuat-air-daun-pisang-untuk-ekstrak-pewangi-makanan.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm