VinFast VFe34 (Foto: VinFast)
VinFast VFe34 (Foto: VinFast) ( KOMPAS.COM)

Dua Model VinFast yang Bakal Masuk ke Indonesia Mulai Tahun Depan

18 Oktober 2023 18:06 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Produsen mobil listrik asal Vietnam, VinFast, dipastikan bakal melakukan ekspansi ke pasar otomotif Indonesia mulai tahun depan.

Dikatakan Vingroup Head of Global Communication, Dao Thi Thu Hien, sedikitnya terdapat dua produk yang disiapkan untuk menjalani debut nasional, yaitu VF e34 dan VF 5 electric. Pada tahap awal, kedua mobil listrik ini akan diimpor secara utuh terlebih dahulu.

"Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki potensi otomotif paling besar di wilayah Asia dengan jumlah populasi yang besar (mencapai 270 juta jiwa). Sementara kepemilikan mobil listrik masih sekitar 1 persen," katanya kepada Kompas.com melalui pernyataan tertulis, Selasa (17/10/2023).

"Rencana kita untuk masuk ke pasar Indonesia dengan dua strategi, yaitu manufaktur dan business operations. Kita berencana menjual model VF 34 dan VF 5 electric pada 2024 mendatang," lanjut Hien.

Setelahnya, pihak VinFast juga dilaporkan berencana untuk merilis VF 6 dan VF 7 yang baru resmi diluncurkan pada Oktober 2023 lalu.

Hanya saja dalam kesempatan tersebut, perseroan belum bisa memastikan waktu atau tanggal perilisan produk-produk dimaksud. Walau begitu, dipastikan bahwa persaingan pasar mobil listrik nasional di 2024 bakal semakin ramai.

Sebelumnya, VinFast dilaporkan bakal melakukan ekspansi besar-besaran di kawasan Asia. Total, ada tujuh negara yang menjadi bagian dari rencana perseroan, termasuk Indonesia.

Laporan ini tercantum dalam dokumen pengajuan VinFast kepada Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat (AS), di mana mereka berencana menginvestasikan sekitar Rp 18,8 triliun untuk jangka panjang.

Dari jumlah tersebut, sekitar 200 juta dollar AS akan digunakan untuk membuat pabrik di Indonesia, dengan target produksi pada 2026 yang mampu menghasilkan 30.000 hingga 50.000 unit mobil setiap tahunnya.

Seiring dengan hal terkait, perwakilan VinFast pun gencar melakukan pertemuan dengan Pemerintah RI dan asosiasi. Antara lain, Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko, hingga Gaikindo.

"Salah satu personel VinFast sudah datang. Mereka melapor (terkait rencananya untuk ke Indonesia) dan ingin tau gimana caranya menjadi anggota Gaikindo. Banyak hal diskusikan," kata Sekertaris Umum Gaikindo, Kukuh Kumara kepada Kompas.com.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dua Model VinFast yang Bakal Masuk ke Indonesia Tahun Depan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/18/070200215/dua-model-vinfast-yang-bakal-masuk-ke-indonesia-tahun-depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm