Mazda MX-30 Di GIIAS 2023(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Mazda MX-30 Di GIIAS 2023(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Mobil Listrik Mazda MX-30 Pasti Meluncur pada Tahun Depan

18 Oktober 2023 18:48 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mazda MX-30 direncanakan meluncur tahun depan. Sebelumnya, mobil listrik unik dari Mazda ini sudah diperkenalkan pada GIIAS 2023, tapi hanya dipamerkan, belum dijual.

Ricky Thio, Managing Director PT Eurokars Motor Indonesia selaku pemegang merek Mazda di Indonesia bilang, mobil listrik ala crossover tersebut pasti akan keluar.

"MX-30 pasti keluar, jangan khawatir. Kapannya, belum bisa dikasih tahu, soon," kata Ricky di Semarang, Selasa (17/10/2023).

Ricky juga mengatakan, jika melihat tren mobil listrik di Indonesia, masih dibilang sebagai kendaraan luxury atau mewah. Cuma hal tersebut beda dengan filosofinya Mazda yaitu The Jinba-Ittai dan Kodo Design.

"Sulitnya buat Mazda, kita enggak suka begitu, enggak peduli EV itu the new luxury atau apa. Kita stick kepada The Jinba-Ittai dan Kodo Design," kata Ricky.

Pramita Sari, Marketing & Communication General Manager PT EMI, menambahkan, MX-30 kemungkinan akan meluncur tahun depan, Mazda akan sediakan.

"Tapi enggak banyak (jumlahnya), sekadar supaya kalau ada yang mau, kita bisa sediakan. Belum ditentukan berapa banyak (yang dibawa), harga juga belum," kata Mita.

Mengenai MX-30, sebenarnya jadi mobil listrik yang tampilannya unik. Pertama dia crossover dan dimensinya lumayan ringkas, ditambah ada pintu suicide ala Mazda RX-8 yang ikonik.

Soal spesifikasi, MX-30 dibekali motor listrik dengan teknologi yang disebut e-Skyactiv1 yang menggerakkan roda depan. Dinamo ini menghasilkan tenaga tertinggi 143 TK dan torsi 264 Nm.

Sumber daya disuplai dari baterai lithium-ion 35,5 kWh yang diletakkan di lantai. Baterai bisa membawa mobil menjelajah 200 Km.

Isi daya alias charging dari 0-80 persen cuma butuh waktu 30 menit-40 menit dengan colokan DC 50 kW alias fast charging. Sedangkan kalau pakai konektor AC 6,6 kW diperkirakan butuh waktu 6-8 jam.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Mobil Listrik Mazda MX-30 Pasti Meluncur Tahun Depan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/18/090200415/mobil-listrik-mazda-mx-30-pasti-meluncur-tahun-depan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm