Cat bodi mobil(Stanly/Otomania)
Cat bodi mobil(Stanly/Otomania) ( KOMPAS.COM)

Warna Cat Mobil Ini Lebih Mahal Dibanding dengan Kelir Lain

18 Oktober 2023 19:30 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pilihan warna kendaraan biasanya menyesuaikan dengan selera pemilik. Tapi, ternyata ada warna mobil yang mempengaruhi harga perbaikan body ketika penyok dan harus dicat ulang.

Ada warna yang lebih mahal harga catnya dibandingkan kelir lain. Warna yang dimaksud adalah merah. Hal ini seperti yang diungkapkan oleh Isaac, pemilik bengkel modifikasi bernama JAC Garage, yang berlokasi di Simpang Bandara Lama, Kota Palembang.

“Warna candy, contohnya pada mobil sekarang Mazda 3 2023. Merah marun tapi candy namanya. Itu lebih mahal, karena dari bahan dan warna juga jadi salah satu faktornya,” ucap Isaac, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (17/10/2023).

Isaac melanjutkan, proses pengecatan warna merah juga berbeda dengan kelir lainnya. Hal ini juga menjadi salah satu faktor yang membuat warna tersebut lebih mahal dibanding warna lainnya.

“Proses kenaikan warnanya itu tidak langsung jadi warna (merah) seperti itu, ada urutan-urutan dasar yang akhirnya memakan bahan dan waktu yang lebih lama,” kata Isaac.

Contohnya, warna dasarnya harus silver yang sudah dioplos terlebih dahulu seperti silvernya kemerahan dan silver metalik, setelah itu baru dinaikkan warna cat candy-nya. Terus (lapisan) yang paling atas itu namanya clear coat. Proses pengerjaan dan tingkat kesulitannya juga cukup rumit,” lanjut Isaac.

Senada dengan Isaac, Kepala Bengkel Auto2000 Body Paint Sunter Yuly Kridiawan mengatakan, wana mobil mewah memiliki harga yang lebih mahal serta butuh perhatian lebih dalam hal perawatan.

“Betul, harga cat merah itu lebih mahal, karena material pembentuk warna. Salah satu material yang membuat warna merah lebih mahal adalah unsur pigmen. Di antara pigmen warna, merah memang paling mahal,” kata Yuly.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Warna Cat Mobil Ini Lebih Mahal Dibanding Kelir Lain", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/18/094200415/warna-cat-mobil-ini-lebih-mahal-dibanding-kelir-lain.


SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm