Pengecasan baterai motor listrik United TX3000(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Pengecasan baterai motor listrik United TX3000(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Kabel Konektor Perlu Untuk Jadi Standar Baterai Motor Listrik

18 Oktober 2023 20:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Dalam rangka mempermudah jalannya program elektrifikasi nasional, pemerintah berencana melakukan standardisasi baterai kendaraan listrik roda dua.

Rencana standardisasi ini harapannya bakal mempermudah masyarakat dalam menggunakan motor listrik, dengan menciptakan keseragaman yang diatur dalam satu ketentuan.

Ganesha Tri Chandrasa, EV and RE Senior Researcher BRIN, mengatakan, standardisasi baterai sebaiknya dimulai dari plug atau kabel konektor.

“Jadi nanti kalau mau swap, kita mau pakai baterai apa saja bisa, asal konektornya sama,” ujar Ganesha, kepada Kompas.com (17/10/2023).

“Makannya dibikin suatu standarisasi untuk plug, yang bisa memantau keberadaan baterai, bisa memantau kesehatan baterai, dan bentuknya sama semua, dan bisa ampere yang tinggi. Itu dari sisi plug untuk baterainya,” kata dia.

Sementara dari sisi baterai, menurutnya belum bisa disamakan. Karena hal ini menyangkut kesesuaian harga dan kebutuhan konsumen.

“Perkara size baterainya, enggak bisa kita samakan semua, karena bentuk rangka kan beda-beda,” ucap Ganesha.

Sebelumnya, Fadli Rahman, Director of Strategic Planning & Business Development Pertamina New & Renewable Energy, mengatakan standardisasi baterai ini bakal mempercepat penetrasi motor listrik.

Ia juga mengatakan, standardisasi baterai bisa dimulai dari konektor. Karena setiap produsen tidak serta merta bisa memakai baterai yang seragam.

“Konektor kan tipenya beda-beda. Itu yang lagi dirembukin. Kalau menurut teman-teman IBC sih by akhir tahun ini atau awal tahun depan mulai kelihatan keputusannya seperti apa, dari sisi konektor,” ucap Fadli di Jakarta, Kamis (12/9/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kabel Konektor Perlu Jadi Standar Baterai Motor Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/18/104200715/kabel-konektor-perlu-jadi-standar-baterai-motor-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm