Ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa memicu lahirnya perut buncit.(Unsplash/Ehimetalor Akhere)
Ada kebiasaan-kebiasaan buruk yang bisa memicu lahirnya perut buncit.(Unsplash/Ehimetalor Akhere) ( KOMPAS.COM)

Manakah yang Lebih Berbahaya, Perut Buncit atau Obesitas?

19 Oktober 2023 17:39 WIB

SONORABANGKA.ID - Merupakan Perut buncit adalah salah satu kondisi yang perlu diwaspadai.

Ini karena, tidak cuma menggangu penampilan, tapi perut buncit juga dapat menyebabkan beberapa risiko kesehatan.

Dikutip dari Daily Mail, seseorang yang memiliki perut buncit, walaupun ia tidak mengalami kelebihan berat badan, dapat berisiko lebih besar untuk meninggal dunia akibat masalah jantung dibanding dengan orang yang mengalami obesitas pada umumnya.

Hal ini lantaran, perut buncit di sekitar pinggang menyebabkan penumpukan lemak yang berbahaya, salah satunya karena mengandung lemak jahat.

Lantas, benarkah perut buncit lebih berbahaya dibanding dengan obesitas?

Bahaya memiliki perut buncit

Penelitian di AS menunjukkan, orang-orang yang tidak memiliki kelebihan berat badan, namun memiliki perut buncit, akan berisiko 2,75 kali lebih besar meninggal dunia akibat penyakit kardiovaskular dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal dan lingkar pinggang proporsional.

Selain itu, mereka yang memiliki perut buncit juga berisiko 2,08 kali lebih tinggi mengalami kematian dini dari semua penyebab.

Tak hanya itu, orang-orang dengan berat badan yang sehat, namun memiliki banyak lemak perut juga berisiko mengalami penyakit jantung dibandingkan orang-orang yang umumnya mengalami obesitas.

Dalam hal ini, mereka berisiko 2,34 kali lebih besar dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal dan lingkar pinggang yang teratur.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm