Baterai mobil listrik Toyota bZ4X(Dok. Toyota)
Baterai mobil listrik Toyota bZ4X(Dok. Toyota) ( KOMPAS.COM)

Kemenperin Pastikan Pabrik Baterai EV Selesai Tahun Ini, Siap Untuk Produksi 2024

19 Oktober 2023 21:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Kementerian Perindustrian RI (Kemenperin) mengatakan bahwa saat ini sedikitnya sudah terdapat dua pabrik baterai kendaraan listrik di Indonesia, yaitu PT HLI Green Power dan PT International Chemical Industry (ABC).

Kehadiran keduanya sebagai bukti komitmen Indonesia untuk mempercepat tercapainya netralitas karbon alias Net Zero Emision (NZE) pada 2060, khususnya sektor kendaraan bermotor.

Apalagi, sebagaimana disampaikan Plt. Sekretaris Jenderal Kemenperin, Putu Juli Ardika, salah satu dari pabrik tersebut bakal mulai beroperasi tahun depan.

"Pabrik baterai HLI Green Power direncanakan selesai dibangun pada tahun 2023 dan bisa berproduksi secara komersial untuk menyuplai kebutuhan pabrik mobil listrik di 2024 mendatang," katanya dalam siaran pers, Kamis (19/10/2023).

Melalui aktivitas produksi ini, nantinya HLI Green Power akan menyuplai kebutuhan bagi sekitar 150.000 unit hingga 170.000 unit kendaraan listrik.

Diketahui, perusahaan dimaksud merupakan hasil kolaborasi antara Hyundai Grup dan LG untuk memproduksi sel baterai, dengan kapasitas tahap pertama sebesar 10 GWh dan nilai investasi mencapai 1,1 Miliar dollar Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, PT ABC memiliki kapasitas produksi 100 MWh per tahun (setara 9 juta butir cell), dengan target total kapasitas produksi 256 MWh per tahun (setara 25 Juta butir cell).

Adapun saat ini Putu menyebutkan Indonesia juga sudah ada lima perusahaan yang memproduksi bis listrik, dengan total kapasitas produksi sebesar 2.480 unit per tahun.

Kemudian, tiga perusahaan yang memproduksi mobil listrik dengan total kapasitas produksi sebesar 34.000 unit per tahun dan 48 perusahaan yang memproduksi sepeda motor listrik dengan kapasitas produksi 1,427 juta unit per tahun.

“Perkembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia semakin tumbuh, dengan kapasitas yang jauh melampaui perkembangan pasar," kata Putu.

"Hal ini juga didorong dari berbagai kebijakan strategis dari pemerintah, termasuk memberikan kepastian usaha, penyusunan roadmap, dan pengoptimalan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN),” lanjutnya.

Dengan perkembangan positif pada proses transisi menuju era elektrifikasi ini, ia pun yakin bahwa target produksi motor listrik sebanyak 9 juta unit dan mobil serta bus listrik 600.000 unit di 2030 dapat tercapai.

Pada kondisi itu, diharapkan dapat berkontribusi terhadap pengurangan konsumsi bahan bakar minyak (BBM) sebesar 21,65 juta barel atau setarapengurangan emisi CO2 sebanyak 7,9 juta ton secara total.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenperin Pastikan Pabrik Baterai EV Selesai Tahun Ini, Siap Produksi 2024", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/19/170200315/kemenperin-pastikan-pabrik-baterai-ev-selesai-tahun-ini-siap-produksi-2024.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm