Ilustrasi kredit pemilikan rumah (KPR), pembiayaan perumahan.
Ilustrasi kredit pemilikan rumah (KPR), pembiayaan perumahan. ( SHUTTERSTOCK)

BI Perpanjang Kebijakan DP 0 Persen Kredit Mobil dan Rumah hingga 2024

20 Oktober 2023 17:01 WIB

SonoraBangka.ID - Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali memperpanjang ketentuan terkait uang muka atau down payment (DP) nol persen untuk kredit kendaraan bermotor dan kredit pemilikan rumah (KPR) hingga 31 Desember 2024.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, perpanjangan kebijakan insentif itu merupakan bagian dari implementasi kebijakan makroprudensial longgar guna mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

Secara lebih rinci, kebijakan yang diperpanjang ialah kebijakan relaksasi rasio Loan to Value/Financing to Value (LTV/FTV) untuk kredit atau pembiayaan properti maksimal 100 persen.

Artinya, para calon pembeli properti memungkinkan untuk memperoleh DP 0 persen, alias tak perlu bayar uang muka ketika memanfaatkan fasilitas KPR.

"Untuk mendorong pertumbuhan kredit sektor properti dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko, berlaku efektif 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2024," ujar Perry, dalam konferensi pers hasil RDG BI, Kamis (19/10/2023).

Kemudian, bank sentral juga melanjutkan pelonggaran ketentuan uang muka kredit/pembiayaan kendaraan bermotor menjadi paling sedikit 0 persen untuk semua jenis kendaraan bermotor baru.

Sama seperti kebijakan sebelumnya, pelonggaran DP 0 persen kredit kendaraan dilakukan untuk mendorong pertumbuhan kredit di sektor otomotif dengan tetap memperhatikan prinsip kehati-hatian dan manajemen risiko, berlaku efektif 1 Januari sampai dengan 31 Desember 2024.

Sebagai informasi, ketentuan pembebasan DP kredit kendaraan dan KPR sudah diterapkan oleh BI sejak 1 Maret 2021.

Kebijakan ini dilakukan untuk mendorong daya beli masyarakat yang terdampak oleh pandemi Covid-19.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BI Perpanjang Kebijakan DP 0 Persen Kredit Mobil dan Rumah hingga 2024", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/20/053000026/bi-perpanjang-kebijakan-dp-0-persen-kredit-mobil-dan-rumah-hingga-2024.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm