Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (2/10/2023).
Menteri ESDM Arifin Tasrif saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (2/10/2023). ( KOMPAS.com)

Menteri ESDM Bakal "Door to Door" Genjot Konversi Motor Listrik

21 Oktober 2023 10:17 WIB

SonoraBangka.ID - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengatakan, pihaknya akan "door to door" alias mendekati perusahaan swasta maupun BUMN untuk menggenjot program konversi motor konvensional ke motor listrik.

Bila sebelumnya program konversi ke motor listrik ini hanya menyasar perorangan, kini pemerintah menyasar instansi-instansi untuk mendorong peningkatan konversi ke motor listrik.

"Konversi motor listrik sekarang kita coba door to door ke BUMN-BUMN, ke kantor-kantor, sudah banyak nih yang respons swasta-swasta," ujar Arifin ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Jumat (20/10/2023).

Adapun program konversi motor listrik ini merupakan salah satu upaya pemerintah mendorong penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan. Pemerintah pun memberikan subsidi Rp 7 juta per unit untuk program ini.

Pemerintah menargetkan konversi motor listrik tahun ini mencapai 50.000 unit. Oleh sebab itu, dengan melebarkan pendekatan ke perusahaan-perusahaan diharapkan terjadi peningkatan konversi ke motor listrik.

"Kita punya alokasi 50.000 ini kan kita harapkan paling tidak mendekati angka itu di akhir tahun," imbuh Arifin.

Seiring dengan gencarnya dilakukan pendekatan ke perusahaan-perusahaan, Kementerian ESDM juga terus melakukan pembinaan terhadap bengkel-bengkel agar segera memenuhi kualifikasi untuk bisa melakukan konversi motor konvensional ke motor listrik.

"Sementara itu juga, kita harus membina bengkel-bengkel kita supaya mempunyai kualifikasi, selain juga masalah-masalah perizinan, terus kemudian masalah pengujian itu memang mekanismenya bisa dipercepat," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Menteri ESDM Bakal "Door to Door" Genjot Konversi Motor Listrik ", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/20/211000626/menteri-esdm-bakal-door-to-door-genjot-konversi-motor-listrik-.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm