Posisi botol water coolant Suzuki GSX-R 150 jadi kelihatan jika fairing-nya dibuka(Febri Ardani/Otomania)
Posisi botol water coolant Suzuki GSX-R 150 jadi kelihatan jika fairing-nya dibuka(Febri Ardani/Otomania) ( KOMPAS.COM)

Cuaca Panas, Jangan Lupa Untuk Periksa Cairan Radiator Motor

22 Oktober 2023 20:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Penggantian Cairan radiator motor merupakan satu perawatan yang wajib dilakukan secara berkala, khususnya saat kondisi cuaca sering panas.

Cairan radiator motor nampaknya sering terlupakan oleh sebagian pengendara. Padahal perannya tidak kalah dengan oli, dan membantu memelihara kondisi mesin.

Ada beberapa langkah perawatan radiator yang harus diperhatikan, yakni cek volume cairan radiator, tambah isi reservoir, flushing berkala, dan memastikan tidak ada kebocoran.

Anto Hananto, Kepala Bengkel AHASS 88 Tangerang menjelaskan, usia pakai cairan radiator motor memang cukup lama, yakni sekitar 10.000 kilometer berdasarkan anjuran pabrik.

Tapi kalau cuaca sedang panas, pengendara disarankan untuk melakukan pemeriksaan setiap 5.000 kilometer.

“Kalau lagi panas seperti sekarang ini lebih baik periksa tiap 5.000 kilometer, karena pasti (cairan radiator) lumayan terkuras. Jadi nanti bisa ditambah,” ucapnya kepada Kompas.com, Jumat (20/10/2023).

Selain rutin melakukan isi ulang, Anto juga menganjurkan flushing alias kuras reservoir setiap 10.000 kilometer. Langkah ini juga penting, karena bisa mencegah penyumbatan.

“Rutin ganti coolant tapi belum pernah flushing juga bahaya, soalnya bisa ada kerak-kerak. Itu bikin pendinginan mesin enggak optimal,” ucapnya.

Anto mengatakan, motor dengan komponen radiator yang bekerja dengan baik dan optimal pasti bisa menghadapi cuaca panas.

Biaya yang diperlukan juga tidak mahal, yakni sekitar Rp 30.000 untuk coolant radiator, dan Rp 80.000 untuk flushing reservoir.

“Coolant juga kadang-kadang enggak dipakai sampai habis (satu botol), jadi bisa disimpan buat besok-besok,” ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cuaca Panas, Jangan Lupa Periksa Cairan Radiator Motor", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/22/094100115/cuaca-panas-jangan-lupa-periksa-cairan-radiator-motor.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm