Contoh baterai motor listrik jenis Sealed Lead Acid (SLA) yang mati total. Supaya bisa hidup, harus menggunakan proses slow charge(KOMPAS.com/daafa)
Contoh baterai motor listrik jenis Sealed Lead Acid (SLA) yang mati total. Supaya bisa hidup, harus menggunakan proses slow charge(KOMPAS.com/daafa) ( KOMPAS.COM)

Baterai Motor Listrik Cepat Habis, Cuaca Panas Sebagai Penyebabnya

23 Oktober 2023 20:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Cuaca panas ternyata bisa mempengaruhi performa motor listrik, di mana daya jelajah atau jarak tempuh maksimal bisa mengalami penurunan.

M. Topan, Pemilik Bengkel Spesialis Motor Listrik Semolis Cipondoh, mengaku sering mendapat keluhan semacam ini dari beberapa pelanggannya yang servis berkala.

“Banyak yang komplain baterai cepat habis waktu dipakai, katanya beda dari pertama kali beli yang masih awet-awet saja,” ucapnya kepada Kompas.com, Minggu (22/10/2023).

Menurutnya, situasi ini terbilang wajar dan dipengaruhi oleh satu hal, yakni temperatur eksternal yang disebabkan oleh cuaca panas.

Penurunan daya baterai juga berbeda-beda tergantung merek motor listrik yang digunakan, yakni berkisar antara 10 persen sampai 20 persen lebih cepat dibandingkan kondisi normal.

“Kalau ditanya bahaya atau enggak, sebenarnya enggak bahaya, ini normal. Motor listrik kalau kepanasan, baterainya memang cepat habis,” ucapnya.

Penjelasan yang sama juga disampaikan oleh Adyta Muhammad Sina, Pemilik Bengkel Motor Listrik. Melihat dari segi teknis, suhu tinggi membuat penarikan arus listrik dari baterai tidak optimal.

Beberapa motor listrik murah yang banyak tersedia di pasaran juga biasanya belum memiliki komponen Battery Management System (BMS), yang bisa secara otomatis menyesuaikan performa, temperatur, dan suhu baterai.

“Jadi performanya dipaksa maksimal terus, padahal cuaca lagi panas. Jadi baterainya agak ngos-ngosan buat ngimbangin dan ujung-ujungnya jarak tempuh turun,” ucapnya kepada Kompas.com di Tangerang, Minggu (22/10/2023).

Adyta menambahkan, tidak semua motor listrik mengalami kendala jarak tempuh turun akibat cuaca. Masalah semacam ini biasanya cuma dijumpai pada motor listrik murah.

“Lebih ke motornya aja, belum punya fitur lengkap. Kalau harganya (motor listrik) sudah Rp 10 juta ke atas, biasanya sudah aman,” ucap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Baterai Motor Listrik Cepat Habis, Cuaca Panas Jadi Penyebabnya", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/23/131200815/baterai-motor-listrik-cepat-habis-cuaca-panas-jadi-penyebabnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm