Foto shalat tarawih di Masjidil Haram Makkah pada Rabu (22/3/2023) malam saat Ramadhan 1444 H
Foto shalat tarawih di Masjidil Haram Makkah pada Rabu (22/3/2023) malam saat Ramadhan 1444 H ( TWITTER @HaramainInfo)

Larangan Selfie di Depan Kabah, Bakal Kena Sanksi Jika Melanggar, Jemaah Haji Wajib Tahu!

25 Oktober 2023 20:22 WIB

SonoraBangka.id - Memang saat ini, calon jemaah haji asal Indonesia sudah mulai berangsur berangkat ke tanah suci.

Oleh karena itu, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji mengimbau para jemaah untuk tidak melakukan selfie berlebihan selama berada di tanah suci.

Terutama pada saat berada di depan Kabah.

Hal tersebut dikarenakan dapat mengganggu jemaah haji lainnya yang ingin beribadah secara khusyuk.

"Pada kesempatan ini, panitia mengimbau kepada jemaah agar dalam pengambilan dokumentasi, terutama dalam bentuk swafoto (selfie) di depan Kabah tidak dilakukan secara berlebihan,"

"Karena selain mengganggu kekhusyuan ibadah, juga mengganggu jemaah lainnya," jelas Akhmad Fauzin, dalam keterangan pers resmi Kementerian Agama (Kemenag), Jakarta, Senin (05/06).

Akhmad Fauzin pun menegaskan larangan-larangan yang wajib diperhatikan oleh semua jemaah haji saat berada di area Masjidil Haram Makkah.

Mulai dari membentangkan spanduk foto bersama, hingga melakukan selfie di depan Kabah menggunakan barang yang menyerupai bentuk hewan maupun manusia.

"Di antara larangan keras yang perlu diperhatikan jemaah di area Masjidil Haram adalah membentangkan spanduk untuk berfoto bersama, selfie di depan Kabah dengan benda-benda yang menyerupai manusia, hewan, seperti wayang dan sejenisnya," kata Akhmad Fauzin.

Jika ada jemaah yang melanggar aturan tersebut, maka mereka berisiko mendapatkan hukuman dari otoritas negara itu.

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm