Suasana diler utama Suzuki Arena Ota di Tokyo, Jepang.(KOMPAS.com/Agung Kurniawan)
Suasana diler utama Suzuki Arena Ota di Tokyo, Jepang.(KOMPAS.com/Agung Kurniawan) ( KOMPAS.COM)

Orang Jepang Pilih Menggunakan Mobil Hybrid karena Lebih Realistis

25 Oktober 2023 21:22 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pasar otomotif di Jepang merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Selain itu, Jepang juga merupakan negara produsen otomotif kelas dunia, seperti Toyota, Honda, Suzuki, dan Mitsubishi.

Menariknya, walau pasar otomotif global terus mendengungkan mobil listrik berbasis baterai sebagai masa depan, namun penjualan battery electric vehicle (BEV) alias mobil listrik masih sepi peminat.

“Pada dasarnya orang Jepang itu bukan mau cari mobil yang realistis,” ucap Ei Mochizuki, General Manager Strategic Planning Departement PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di Shinagawa, Selasa (24/10/2023).

Dalam lima tahun terakhir, porsi penjualan mobil hybrid terus meningkat di Jepang. Pada 2018, dari total penjualan mobil sekitar 4,4 juta unit, porsi hybrid hanya 33 persen. Tapi, sepanjang 2022, dari total penjualan sekitar 3,4 juta unit, porsi mobil hybrid mencapai 44 persen.

“Porsi mild hybrid lebih banyak di Jepang ketimbang strong hybrid. Masalahnya ada di diferensiasi harga,” kata Mochi, panggilan akrabnya.

Mochi mencontohkan, misalnya Suzuki Hustler di Jepang harganya sekitar Rp 150 jutaan. Untuk segmen konsumen ini, demi mendapatkan teknologi strong hybrid ada tambahan harga sekitar Rp 30 juta.

“Tentu ini berat. Tapi, kalau teknologi mild hybrid cuma perlu tambah Rp 10 juta, (konsumen) masih bisa terima,” kata Mochi.

Kondisi ini juga menguntungkan bagi Suzuki yang sudah memasarkan mobil dengan teknologi mild hybrid di Jepang sejak 2014. Menjadi yang pertama menawarkan produk kei car dengan teknologi mild hybrid membuat Suzuki lebih mudah diterima di pasar.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Orang Jepang Pilih Mobil Hybrid karena Lebih Realistis", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/25/074200515/orang-jepang-pilih-mobil-hybrid-karena-lebih-realistis.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm