Ilustrasi mi rebus medan.
Ilustrasi mi rebus medan. ( DOK.SHUTTERSTOCK/Michaelnero)

Berikut Ini 3 Cara Masak Mi Rebus agar Kenyal dan Tidak Lodoh

26 Oktober 2023 06:34 WIB

SonoraBangka.id - Memasak mi rebus terlalu lama bisa membuatnya sangat lembek atau lodoh saat matang. Akhirnya, mi rebus kurang nikmat saat dimakan.

Ketahui cara memasak mi rebus yang benar supaya hasilnya kenyal dan tidak lodoh, sebelum membuatnya di rumah.  Kamu bisa mengikuti tips yang dibagikan oleh Anis Yulita, manajer Javatoscana Garden Resto & Cafe, berikut ini.

1. Rebus mi dan tiriskan

Siapkan mi dan rebus terpisah. Jangan terlalu matang, cukup mi basah dan agak matang, lalu tiriskan. Pisahkan mi rebus untuk dimasukkan belakangan. Biarkan tiris agar pemasakannya berhenti dan tidak lodoh.

2. Masukkan  topping  mi rebus

Pelengkap atau topping mi rebus bisa dimasukkan sebelum mi. Setelah air mendidih, tambahkan semua topping dan bumbu ke dalam rebusan. "Buat kuah dan topping-nya dulu, seperti bakso, sosis, cumi, dan lainnya. Ketika hampir matang, minya baru dimasukkan," kata Anis saat ditemui Kompas.com di Javatoscana Garden Resto & Cafe, Selasa (24/10/2023). Terakhir, kamu dapat menambahkan sayuran saat mi rebus hampir matang karena paling cepat melunak.

3. Masak mi rebus tujuh menit

Menurut Anis, durasi paling tepat memasak mi rebus adalah tujuh menit agar kenyal dan tidak lodoh. "Maksimal tujuh menit kalau untuk mi rebus. Bisa 10 menit kalau minya tebal, tergantung jenisnya," tutur dia. Mi rebus harus segera dinikmati saat disajikan saat masih hangat dan tidak lodoh karena kuahnya diserap mi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Masak Mi Rebus agar Kenyal dan Tidak Lodoh, Tips dari Penjual", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/25/163200375/3-cara-masak-mi-rebus-agar-kenyal-dan-tidak-lodoh-tips-dari-penjual.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm