Honda Cruise Origin di Japan Mobility Show 2023(KOMPAS.com / Aditya Maulana)
Honda Cruise Origin di Japan Mobility Show 2023(KOMPAS.com / Aditya Maulana) ( KOMPAS.COM)

Honda Pamerkan Taksi Tanpa Pengemudi, Meluncur di Awal 2026

26 Oktober 2023 15:58 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Honda Motor Co., Ltd. bekerjasama dengan Cruise dan General Motors Company (GM) untuk mendirikan perusahan bisnis layanan ridehail tanpa pengemudi di Jepang pada awal tahun 2026.

Perjanjian ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani oleh Toshihiro Mibe, Global CEO of Honda, Kyle Vogt, Founder and CEO of Cruise serta Mary Barra, Chair and CEO of GM.

Layanan ini bernama Cruise Origin yang pertama kali dipresentasikan di ajang Japan Mobility Show (JMS) pada Rabu 25 Oktober 2023. Model ini merupakan kendaraan self- driving tanpa kursi pengemudi atau setir.    

Kendaraan ini dirancang khusus untuk layanan ridehail tanpa pengemudi dimana akan menjemput pelanggan dari lokasi titik jemput dan mengantar pelanggan ke tujuan yang ditentukan.

Pelanggan dapat menggunakan aplikasi khusus di smartphone untuk mengontrol serta mengelola seluruh proses, mulai dari pemesanan sampai pembayaran.

Cruise Origin menawarkan sebuah ruang kabin yang luas dan nyaman, yang memberikan pengalaman berkendara dengan kendaraan pribadi. Kendaraan ini mampu mengangkut hingga enam penumpang secara bersamaan, dengan kursi yang menghadap satu sama lain.

Layanan ridehail tanpa pengemudi ini diharapkan akan memberikan pengalaman mobilitas yang inovatif dan tersedia bagi berbagai segmen pelanggan, termasuk pebisnis, keluarga, pengunjung, dan banyak lagi.

Rencananya, ketiga perusahaan akan memulai layanan ridehail tanpa pengemudi ini di pusat kota Tokyo pada awal 2026. Awalnya, layanan ini akan diperkenalkan dengan beberapa puluh unit Cruise Origin, sebelum diperluas menjadi armada dengan 500 unit Cruise Origin.

Selain itu, jangka panjangnya ketiga perusahaan juga berencana untuk memperluas jangkauan layanan ini ke wilayah-wilayah di luar pusat kota Tokyo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Pamerkan Taksi Tanpa Pengemudi, Meluncur Awal 2026", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/26/071200515/honda-pamerkan-taksi-tanpa-pengemudi-meluncur-awal-2026.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm