Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMB) Rosan Roeslani di kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Selasa (24/10/2023).
Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMB) Rosan Roeslani di kantor DPP Demokrat, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta, Selasa (24/10/2023). ( KOMPAS.com)

Rosan Mundur dari Wamen BUMN, Erick Thohir Ambil Alih Tugasnya

26 Oktober 2023 17:41 WIB

SonoraBangka.ID - Rosan Perkasa Roeslani telah mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (Wamen BUMN). Pengajuan 'resign' itu telah disetujui Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Rosan mundur setelah resmi menjadi Ketua Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang mengusung pasangan bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka.

Terkait pengunduran diri Rosan, Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, tugas yang ditinggalkan Rosan akan diambil alih oleh Menteri BUMN Erick Thohir.

"Ya (diambil alih) Pak Menteri, kan ada Pak Menteri," ujarnya saat ditemui di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (26/10/2023).

Maka saat ini kepemimpinan Erick di Kementerian BUMN dilakukan bersama Wamen BUMN Kartika Wirjoatmodjo. Terkait pengganti posisi Rosan sebagai Wamen BUMN, Arya bilang hal itu sepenuhnya menjadi keputusan Presiden Jokowi.

“Tunggu Pak Presiden aja (pengganti Rosan),” imbuhnya.

Selain mundur sebagai Wamen BUMN, Rosan juga mundur dari jabatanya sebagai Wakil Komisaris Utama PT Pertamina (Persero). Soal pengganti posisi Wakil Komut Pertamina, Arya bilang akan dilakukan RUPS nantinya, namun dia enggan menjelaskan lebih lanjut.

“Pasti ada waktunya untuk RUPS karena kan nanti penggantinya pasti ada. Tunggu aja penggantinya,” kata Arya.

Sebelumnya, Rosan dilantik Jokowi menjadi Wamen BUMN pada 17 Juli 2023 lalu. Dia menggantikan posisi Pahala Mansury, yang kala itu bergeser menjadi Wakil Menteri Luar Negeri (Wamenlu).

Namun kini Rosan dinyatakan secara hormat diberhentikan melalui Keputusan Presiden (Keppres) tertanggal 25 Oktober 2023.

Sedangkan untuk posisi Wakil Komut Pertamina, Rosan ditunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk mengisi jabatan itu pada 27 Juli 2023 lalu. Di Pertamina, dia juga menggantikan posisi Pahala Mansury.

Pengunduran diri Rosan Roeslani dari posisi Wakil Komut Pertamina pun dikonfirmas oleh Komisaris Utama Pertamina Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ia bilang, Rosan mengajukan pengunduran diri kemarin pagi.

"Beliau (Rosan) sudah ajukan surat pengunduran diri sebagai Wakil Komut Pertamina pagi terima suratnya," ujarnya, Rabu (25/10/2023).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rosan Mundur dari Wamen BUMN, Erick Thohir Ambil Alih Tugasnya", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/26/151100626/rosan-mundur-dari-wamen-bumn-erick-thohir-ambil-alih-tugasnya.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm