New Honda Scoopy meluncur di IMOS 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
New Honda Scoopy meluncur di IMOS 2023(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Masalah pada Rangka Motor Diklaim Tak Pengaruhi Penjualan AHM

26 Oktober 2023 18:20 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Berdasarkan data AISI, penjualan sepeda motor domestik Indonesia pada September 2023 mencatat angka 509.946 unit.

Perolehan ini minus 4,5 persen persen secara bulanan (month to month/mtm) dibandingkan Agustus 2023 sebanyak 534.379 unit.

Dibandingkan September tahun 2022 yang meraih 514.460 unit, capaian pada periode yang sama tahun ini juga turun 0,8 persen.

Banyak yang menduga bahwa penurunan penjualan motor pada September 2023, terjadi karena masalah rangka eSAF Honda yang mengalami karat hingga akhirnya patah.

Walau begitu, Thomas Wijaya, Executive Vice President Director PT Astra Honda Motor, menampik bahwa penurunan penjualan terjadi karena kasus rangka motor Honda sedang meningkat akhir-akhir ini.

“Kalau pengaruh ya kembali kita lihat dari seasonaly market saja sih, pasar seperti apa,” ujar Thomas di Tangerang (25/10/2023).

“Memang biasanya di kuartal ketiga awal kuartal keempat ini kan memang seasonality-nya agak menurun ya, atau relatif stabil,” kata dia.

Sementara itu, Octavianus Dwi Putro, Direktur Pemasaran PT AHM, mengatakan, pihaknya telah memulai pemeriksaan sasis buat konsumen.

“Kami memeriksa semuanya, tapi tentunya semuanya apapun itu keluhan konsumen menjadi hal yang prioritas ataupun menjadi concern buat kami,” ucap Octa.

“Dari bulan Agustus yang sudah kami lakukan adalah pengecekan dan penanganannya sudah memang bebas biaya. Semuanya, pemeriksaan, dan apapun penanganannya (bebas biaya),” kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Masalah Rangka Motor Diklaim Tak Pengaruhi Penjualan AHM", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/26/124200815/masalah-rangka-motor-diklaim-tak-pengaruhi-penjualan-ahm.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm