Hyundai Stargazer Menjajal Tanjakan di Lintasan Hyundai.(KOMPAS.com/Adityo Wisnu)
Hyundai Stargazer Menjajal Tanjakan di Lintasan Hyundai.(KOMPAS.com/Adityo Wisnu) ( KOMPAS.COM)

Tips Untuk Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Jalan Menanjak

26 Oktober 2023 18:28 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mengemudikan mobil transmisi matik di jalan menanjak memerlukan perhatian khusus dan keterampilan mengemudi yang tepat, sehingga dapat memastikan keselamatan dan kinerja optimal kendaraan.

Salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh pengemudi mobil matik ketika melewati jalan menanjak adalah pemahaman tentang posisi gigi, karena ini dapat mempengaruhi performa kendaraan.

Iwan, pemilik Iwan Motor Honda Auto Clinic mengatakan, ketika mobil matik melewati jalan menanjak harus memilih gigi yang tepat.

“Kita harus bisa memilih gigi yang tepat saat menanjak, jangan menggunakan posisi D saat menanjak curam dan panjang. Pada posisi D matic akan memindahkan gigi secara otomatis berdasarkan putaran mesin,” ungkap Iwan kepada Kompas.com belum lama ini.

Iwan menjelaskan, ketika jalan menanjak dan tuas matik berada di posisi D, mesin akan kehilangan momen dan berpotensi tidak kuat menanjak, karena gigi secara otomatis akan pindah sesuai putaran mesin.

Untuk itu, pengemudi mobil matik bisa memakai gigi 1, 2 atau L tergantung pada fitur mobil. Bisa juga menggunakan fitur Tiptronic, sehingga pengoperasian gigi dapat dikendalikan seperti transmisi manual.

Iwan juga menambahkan, ketika memindahkan gigi tidak perlu sambil menginjak rem, karena akan mengurangi performa mobil untuk menanjak.

“Tidak perlu menginjak rem saat memindahkan gigi dari D ke 1 atau ke 2 atau L, karena mesin akan kehilangan moment dan mobil bisa mundur karena gak kuat nanjak,” tambah Iwan.

Selain itu, Iwan juga mengingatkan ketika menginjak pedal gas sebisa mungkin harus dengan pelan, jangan menginjak pedal gas dalam-dalam, sebab oli matik bisa overheating.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Mengemudikan Mobil Transmisi Matik di Jalan Menanjak", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/26/131200715/tips-mengemudikan-mobil-transmisi-matik-di-jalan-menanjak.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm