Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023\" data-caption-en=( Kompas.com/Daafa Alhaqqy)
Test drive mobil listrik murah Baru, Seres E1, di GIIAS 2023\" data-caption-en=( Kompas.com/Daafa Alhaqqy) ( KOMPAS.COM)

Pemilik Mobil Listrik Harus Lebih Hati-hati saat Musim Hujan

26 Oktober 2023 18:37 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Memasuki musim hujan, pemilik mobil listrik harus lebih waspada karena cuaca dan curah hujan yang tinggi dapat memberikan tantangan tambahan dalam merawat kendaraan listrik.

Dalam kondisi hujan, risiko terjadinya banjir di jalanan dapat meningkat, sehingga pemilik atau pengemudi mobil listrik perlu memperhatikan rute perjalanan, guna menghindari daerah yang berpotensi terendam air.

Randall Hart, Direktur PT Hartindo Chemitama Industri sekaligus pakar baterai EV mengatakan, banjir atau cuaca hujan ekstrim merupakan faktor lingkungan yang bisa merusak mobil listrik.

Banjir atau cuaca hujan ekstrim ini dianggap force majeure alias akibat lingkungan, di mana mobil listrik yang menerjang atau terkena air akan mengalami penurunan kualitas.

Randall mengatakan, air adalah musuh alami baterai dan secanggih apapun teknologi yang dihadirkan, sejauh ini belum bisa membuat baterai kebal seutuhnya terhadap air.

“Baterai komposisi utamanya adalah logam, dan logam-logam itu cukup reaktif dengan air arena bisa teroksidasi, berkarat, dan rusak,” ungkap Randall dikutip dari Kompas.com, Kamis (26/10/2023).

Selain itu, juga mengingat kelembapan tinggi bisa menyebabkan korosi pada komponen logam dalam kendaraan. Sehingga penting untuk menjaga mobil listrik supaya tetap berfungsi dengan baik dan dapat memperpanjang masa pemakaiannya.

Kemudian perlu diingat, sebagai pengguna atau pemilik mobil listrik dianjurkan cerdas dalam bertindak, khususnya ketika menghadapi jalan yang terendam banjir. Sebaiknya tidak menerobos dan mencari alternatif jalan lain.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pemilik Mobil Listrik Harus Lebih Hati-hati Ketika Musim Hujan", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/26/141200015/pemilik-mobil-listrik-harus-lebih-hati-hati-ketika-musim-hujan.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm