Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2023).
Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra usai menghadiri rapat kerja dengan Komisi VI DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (23/6/2023). ( KOMPAS.com)

Bos Garuda Indonesia Targetkan Proses Merger Citilink dan Pelita Air Rampung Desember 2023

27 Oktober 2023 20:21 WIB

SonoraBangka.ID - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk menargetkan proses penggabungan Citilink Indonesia dan Pelita Air dapat rampung akhir tahun ini.

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan, proses merger Citilink dan Pelita Air ini prosesnya cukup rumit.

Pasalnya, dalam proses merger ini bukan hanya sekedar menggabungkan dua perusahaan saja, tetapi juga harus membicarakan hal-hal lain seperti dari sisi legal hingga sumber daya manusia.

"Kita sih berharap harus (Desember 2023 selesai) ya, karena kalau lama-lama ribet juga. Mudah-mudahan sih kita berharap Desember sudah selesai," ujarnya saat di temui di ICE BSD, Tangerang, Jumat (27/10/2023).

Dia mengungkapkan, hingga kini seluruh pihak dari Garuda Indonesia sebagai induk usaha Citilink bersama Pelita Air dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terus melakukan pembahasan terkait merger ini.

Dalam proses pembahasan ini masih dapat terbuka beberapa opsi-opsi baru sehingga saat ini dia belum dapat memastikan skenario merger antara Citilink dan Pelita Air.

"Kita mau cari semuanya yang terbaik dan full support dari Pak Erick (Menteri BUMN) dan Pak Tiko (Wamen BUMN) on hand nanti," tuturnya.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan, pemerintah hanya akan melakukan merger Citilink dan Pelita Air. Sementara Garuda Indonesia akan tetap pada posisinya saat ini sebagai maskapai penerbangan premium.

"Nanti Garuda tetap di premium, lalu Citilink sama Pelita merger," ujar Erick saat ditemui di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Dengan demikian, kata dia, nantinya hanya akan ada dua maskapai dengan target market yang berbeda, yakni full service carrier dan low cost carrier (LCC).

Dia mengungkapkan, aksi korporasi tersebut ditargetkan bisa terlaksana pada tahun ini, atau setidaknya paling lambat pada awal tahun depan.

Erick bilang, yang pasti pihaknya mendorong penggabungan maskapai BUMN ini bisa dilakukan secepatnya.

"Tergantung pembukuannya masing-masing, kita lihat seperti apa, perlu proses lah, kalau bisa tahun ini ya tahun ini, kalau tidak, mungkin awal tahun depan," ungkap dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Bos Garuda Indonesia Targetkan Proses Merger Citilink dan Pelita Air Rampung Desember 2023", Klik untuk baca: https://money.kompas.com/read/2023/10/27/191000026/bos-garuda-indonesia-targetkan-proses-merger-citilink-dan-pelita-air-rampung.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm