Peragaan Pengisian Daya Mobil Listrik Honda N-Van e: Dengan Honda Power Exporter(Kompas.com/Aditya Maulana)
Peragaan Pengisian Daya Mobil Listrik Honda N-Van e: Dengan Honda Power Exporter(Kompas.com/Aditya Maulana) ( KOMPAS.COM)

Honda Masih Malu-malu Untuk Jual Mobil Listrik di Indonesia

29 Oktober 2023 15:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Honda Prospect Motor (HPM) sampai sekarang belum menjual mobil listrik berbasis baterai (battery electric vehicle/BEV) di Indonesia. Pabrikan asal Jepang itu baru memasarkan hybrid melalui model Honda CR-V.

Secara global Honda sudah memiliki sejumlah mobil listrik dan tentunya itu juga bisa dilakukan oleh PT HPM. Lantas kapan Honda menjualnya di Tanah Air?

Business Innovation and Sales & Marketing Director HPM Yusak Billy menjelaskan, bahwa belum waktunya sekarang ini menjual mobil listrik di Indonesia. Alasannya karena infrastruktur masih dibilang kurang, sehingga paling tepat adalah memasarkan mobil hybrid.

"Sekarang ini jajaran produk mobil listrik Honda masih sangat terbatas, itu juga menjadi salah satu alasannya. Tapi ke depan akan terus bertambah dan kita juga akan mengarah ke arah sana," tutur Billy di Tokyo, Jepang, belum lama ini.

Billy mengakui Honda sedikit tertinggal soal mobil listrik, namun bukan berarti diam saja dan tidak akan menjualnya. Sekarang ini, kata dia perusahaan sedang melakukan studi supaya produk yang di pasarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen.

"Sekarang masih tertinggal, tapi itu semua akan segera dikejar karena perkembangan sekarang ini begitu cepat," ujar Billy.

Meski demikian, Honda berkomitmen untuk mengatasi masalah lingkungan dan energi global dengan berusaha mewujudkan netralitas karbon pada semua produk dan aktivitas perusahaan pada 2050.

Selain itu, Honda juga menargetkan bisa tembus 100 persen elektrifikasi pada semua model secara global pada 2040.

Guna mendukung langkah tersebut, Honda telah mengumumkan akan memperkenalkan setidaknya 30 model berbasis elektrik secara global hingga 2030, dengan total produksi menjadi 2 juta unit per tahun.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Honda Masih Malu-malu Jual Mobil Listrik di Indonesia", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/29/081200615/honda-masih-malu-malu-jual-mobil-listrik-di-indonesia.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm