Ilustrasi pizza neapolitan.
Ilustrasi pizza neapolitan. ( SHUTTERSTOCK/V. Matthiesen)

Harus Pakai Suhu Tinggi, Berikut Ini 3 Cara Bakar Pizza di Oven

29 Oktober 2023 15:03 WIB

SonoraBangka.id - Dibandingkan memanggang, metode memasak piza lebih cocok disebut membakar. Oven piza di Italia biasanya menggunakan kayu bakar sebagai bahan baku untuk mendapatkan api besar. Namun, kini oven pizza semakin modern.

Tanpa kayu bakar, oven dapat digunakan dengan memanfaatkan gas atau listrik. Hal itu tidak mengubah banyak cara membakar piza. Baik dari segi suhu panas hingga durasi yang dibutuhkan. Eman, karyawan manajer Javatoscana Garden Resto & Cafe, menjelaskan cara membakar piza berikut ini.

1. Pakai suhu 400 derajat celsius

Jenis piza beragam. Salah satunya adalah pizza neapolitan yang memiliki ciri khas pinggiran agak hitam berkerak. Tekstur garing piza tersebut bisa didapatkan dengan pengaturan suhu tinggi oven selama membakarnya. "Suhu oven piza itu 400 derajat celsius. Harus panas biar matang merata dan pinggirannya agak gosong," kata Eman saat ditemui Kompas.com di Javatoscana Garden Resto & Cafe, Selasa (24/10/2023).

2. Bakar piza kurang dari 10 menit

Tingginya suhu oven piza membuat makanan khas Italia ini tidak perlu dipanggang lama. Adonan piza yang sudah dipipihkan di loyang, diberi topping dan saus, bisa langsung dimasukkan ke dalam oven panas. Menurut Eman, piza sebaiknya dibakar selama kurang dari 10 menit untuk menjaga tingkat kematangannya sempurna.

3. Taburi tepung di loyang piza

Tips membakar piza yang terakhir adalah menaburkan tepung kasar tepat di atas loyang piza. Selain bentuknya miring, kegagalan membakar piza juga bisa terjadi bila adonannya menempel, terlalu lengket saat diangkat. Itu sebabnya, Eman menyarankan untuk menaburkan tepung kasar sebelum menaruh adonan piza di atas loyang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "3 Cara Bakar Pizza di Oven, Harus Pakai Suhu Tinggi", Klik untuk baca: https://www.kompas.com/food/read/2023/10/29/140400475/3-cara-bakar-pizza-di-oven-harus-pakai-suhu-tinggi.


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm