Tuas transmisi mobil matik(-)
Tuas transmisi mobil matik(-) ( KOMPAS.COM)

Posisi Tepat Tuas Transmisi Matik Ketika Lewati Jalan Menurun

29 Oktober 2023 17:17 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Mobil dengan transmisi matik dirancang untuk bisa menyesuaikan gigi secara otomatis di berbagai kondisi jalan, salah satunya ketika menurun.

Walau begitu, pengemudi mobil matik tetap harus melakukan intervensi ketika melewati jalan menurun yang panjang.

Hal ini dilakukan untuk membantu pengereman dalam mereduksi laju kendaraan, sehingga posisi transmisi yang tepat perlu dilakukan agar

Dealer Technical Support Dept.Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, ketika melewati jalan menurun, transmisi harus di gigi rendah.

“Kondisi jalan menurun itu pasti enggak akan kuat menahan laju mobil, rem bisa menjadi sangat panas sehingga kinerja akan menurun,” ungkap Didi kepada Kompas beberapa waktu lalu.

“Untuk itu perlu bantuan rem mesin atau bisa disebut dengan engine brake dengan memindahkan tuas transmisi ke posisi low (L) atau 1,“ lanjutnya.

Hal yang sama juga dikatakan Hermas, pemilik bengkel Worner Matik yang mengatakan, pengemudi bisa menurunkan persneling dari D ke posisi 3 atau 2, sehingga posisi gigi akan bertahan di gigi 3 atau 2 saja.

“Ini akan menghasilkan bantuan engine brake, sehingga rem tidak terlalu dipaksakan untuk memperlambat mobil,” ungkap Hermas.

Apabila kondisi turunan lebih curam, mengemudi mobil matik bisa memindahkan tuas persneling ke posisi L.

“Dengan bantuan engine brake, maka mobil bisa melalui turunan curam lebih aman. Hal ini sangat penting agar transmisi matik bekerja sesuai fungsinya dan terhindar dari rem blong,” jelas Hermas.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Posisi Tepat Tuas Transmisi Matik saat Lewati Jalan Menurun", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/29/124200815/posisi-tepat-tuas-transmisi-matik-saat-lewati-jalan-menurun.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm