Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik. (SHUTTERSTOCK/GUTEKSK7)
Ilustrasi kendaraan listrik, mobil listrik. (SHUTTERSTOCK/GUTEKSK7) ( KOMPAS.COM)

Peluang UMKM Untuk Jadi Pemasok Komponen Kendaraan Listrik

29 Oktober 2023 17:49 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Pemerintah RI, melalui Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop) mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) terlibat dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Hal ini karena sektor tersebut dianggap dapat menjadi bagian penting dalam rantai pasok kendaraan listrik untuk kebutuhan komponen. Tapi, langkah menuju ke sana diperlukan banyak aspek yang dimatangkan.

"Kita support karena penting sekali bagi UMKM banyak peluang bisnis," Kata Deputi Bidang UKM, Kemenkop Hanung Harimba Rachman, dalam konferensi pers Inabuyer EV Expo 2023, Sabtu (28/10/2023).

"Kemarin kita baru coba masih kumpulkan (UMKM di ekosistem EV). Belum dapat angka pastinya," lanjut dia.

Adapun peluang bisnis yang dapat diisi UMKM adalah diler, bengkel, tempat pengisian baterai dan lain sebagainya.

"Ini bisa jadi bisnis sendiri, bisa ciptakan banyak sekali peluang bisnis," jelasnya.

Sementara tantangan UMKM sendiri, menurnya beberapa tahun lalu, jumlah yang memproduksi komponen kendaraan listrik menurun.

Hanung menjelaskan, ada beberapa alasan yang menyebabkan penurunan. Beberapa di antaranya, kurangnya perhatian pemerintah.

"Jadi kayak misal seperti itu butuh perhatian intens dan memang harus perlu dorongan dari pemerintah yang kuat. Industri kalau tidak didorong pemerintah kan susah, apalagi brand lokal," jelas dia.

Walau begitu, lanjutnya, tahun ini UMKM pada industri tersebut akan dibangkitkan lagi, bahkan diharapkan bisa naik kelas. Itu karena, selama ini UMKM industri komponen masuknya di tier tiga bahkan empat.

"Artinya tidak menghasilkan komponen utuh, dia hanya baut saja, sekarang kalau tier 1 itu produknya sudah utuh misalnya dasbor. Kita ingin industri kita bisa naik kelas dan tier-nya naik," tutur Hanung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Peluang UMKM Jadi Pemasok Komponen Kendaraan Listrik", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/29/144200715/peluang-umkm-jadi-pemasok-komponen-kendaraan-listrik.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm