Mesin Mobil Ford Everest 2023 terbaru, dengan kubikasi 1.996 cc dan biturbo(Kompas.com/Daafa)
Mesin Mobil Ford Everest 2023 terbaru, dengan kubikasi 1.996 cc dan biturbo(Kompas.com/Daafa) ( KOMPAS.COM)

Tips Untuk Hilangkan Ngelitik Mesin Mobil Tanpa ke Bengkel

29 Oktober 2023 19:18 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Suara ngelitik atau knocking merupakan dampak dari pembakaran yang terjadi lebih dini pada mesin bakar.

Ledakan hasil pembakaran terjadi sebelum piston mencapai titik batas atas sehingga justru akan mengurangi tenaga mesin, tentu hal itu merugikan karena membuat tenaga yang dihasilkan menjadi tak optimal.

Sedangkan penyebab ngelitik bisa dipengaruhi banyak hal seperti, suhu mesin terlalu tinggi, pemilihan bahan bakar di bawah spesifikasi yang direkomendasikan, dan kerak karbon sisa pembakaran menumpuk.

Pemilik Aha Motor Hardi Wibowo mengatakan, mesin ngelitik bisa diobati dengan tanpa modal yakni dengan mengubah gaya berkendara asal penyebabnya tidak permanen.

“Ngelitik bisa disebabkan oleh kerak karbon, dia akan sembuh dengan sendirinya dengan menggeber mesin beberapa detik saat digunakan, karena karbon bisa saja terangkat dan keluar lewat asap knalpot,” ucap Hardi kepada Kompas.com, Sabtu (28/10/2023).

Hardi mengatakan jika kebiasaan pengguna mobil sering berkendara dengan putaran mesin tinggi, tentu peluang kerak karbon menumpuk lebih kecil karena akan mudah terangkat.

Tapi, tak sedikit pengemudi mobil memilih mengoperasikan mobil dengan putaran mesin rendah dengan tujuan untuk menghemat konsumsi BBM.

“Ada pengendara yang lebih senang main gas pelan atau terlalu sering mengejar irit bahan bakar maka kerak karbon lebih cenderung tertimbun selain pemilihan jenis bahan bakar juga berpengaruh,” ucap Hardi.

Hardi menegaskan, ngelitik tak akan bisa sembuh dengan sendirinya bila disebabkan oleh faktor yang bersifat tetap seperti pemilihan bahan bakar, suhu mesin yang terlalu panas dan sejenisnya.

Hardi mengatakan, bila memang kompresi mesin tinggi maka suhu juga tinggi sehingga membutuhkan bahan bakar yang mampu mencegah terjadinya pembakaran dini yang menimbulkan suara ngelitik.

“Mesin dengan kompresi tinggi, wajib menggunakan bahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi, minimal sesuai rekomendasi pabrikan, jika tidak maka ngelitik akan terjadi terus menerus,” ucap Hardi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Tips Hilangkan Ngelitik Mesin Mobil Tanpa ke Bengkel", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/29/164200315/tips-hilangkan-ngelitik-mesin-mobil-tanpa-ke-bengkel.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm