Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA)
Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT(KOMPAS.com/DIO DANANJAYA) ( KOMPAS.COM)

Pahami Untuk Mode Aman Transmisi Mobil Matik Saat Overheat

30 Oktober 2023 17:47 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah Transmisi matik sudah dilengkapi sistem canggih dalam menjalankan perannya, yakni menggunakan modul atau ECU khusus yang biasa disebut transmission control module (TCM).

Bahkan, ketika transmisi matik terdeteksi mengalami overheat akibat beban yang berat, sistem akan membaca dan melakukan antisipasi mandiri berdasarkan sistem yang ada.

Nah, seperti apa cara transmisi matik menyelamatkan komponen saat overheat terjadi?

Budi, Mekanik Aha Motor Yogyakarta mengatakan pada transmisi matik ada sistem yang membatasi performa ketika terjadi overheat.

“Mobil bisa brebet, mogok karena perintah sistem akibat transmisi sedang tidak prima, ketika diperiksa tidak terjadi masalah di mesin tapi justru dari transmisinya, ini sebenarnya wujud pengamanan atau fail safe mode,” ucap Budi kepada Kompas.com, Sabtu (28/10/2023).

Budi mengatakan beberapa mobil yang mengalami masalah pada transmisi matik sampai muncul fail safe mode, terakhir Nissan Juke mogok di Kopeng.

Foreman Nissan Bintaro, Ibrohim mengatakan suhu oli matik bisa mengalami overheat, kondisi tersebut sangat berbahaya karena viskositas oli akan berubah.

“Jika suhu oli matik mengalami panas berlebih, kemampuannya dalam mentransfer tenaga akan berubah, maka secara sistem kemampuan transmisi akan dibatasi, sehingga tidak terjadi panas yang semakin tinggi dan memperparah kerusakan,” ucap Ibrohim kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Ibrohim mengatakan transmisi yang sudah mengalami overheat tidak akan bisa berjalan dengan normal, tapi sistem sengaja membuatnya terbatas sampai suhu kembali normal.

“Di dalam transmisi ada sensor suhu yang bertugas melaporkan suhu oli transmisi secara langsung kepada TCM, sehingga sistem akan menyesuaikan kondisi sebenarnya,” ucap Ibrohim.

Sensor suhu oli transmisi akan memberikan informasi ke TCM untuk selanjutnya diinfokan ke ECM dan lainnya sehingga secara kompak sistem akan memberikan respons sama yakni membatasi performa mobil.

“Itu disebut fail safe mode yakni mode aman ketika terjadi masalah pada sistem, sama seperti respons tubuh manusia ketika terluka maka kadang kita merasa sakit dan lemas, kurang lebih seperti itu,” ucap Ibrohim.

Menurut Ibrohim mobil matik sengaja dibatasi kemampuannya seperti itu agar bisa menemukan lokasi yang aman atau bengkel terdekat. Selebihnya, pihak bengkel yang akan melakukan analisa dan menginformasikan hasil pemeriksaan awal tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pahami Mode Aman Transmisi Mobil Matik Saat Overheat", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/30/104200015/pahami-mode-aman-transmisi-mobil-matik-saat-overheat.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm