Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Daihatsu Rocky Hybrid dipamerkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di ICE BSD, Tangerang, Jumat (12/8/2022). Rocky Hybrid atau Rocky Series Hybrid menggunakan teknologi hibrida seri. Mesin konvensional pada mobil ini berfungsi sebagai generator untuk menyuplai energi ke baterai.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO) ( KOMPAS.COM)

Kelanjutan Ayla EV dan Rocky Hybrid, Ini Tanggapan Daihatsu

30 Oktober 2023 19:00 WIB

SONORABANGKA.ID - Adalah PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sempat memamerkan dua unit kendaraan elektrifikasi di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 lalu.

Saat itu, sudah banyak pabrikan otomotif yang juga turut membawa jajaran kendaraan elektrifikasinya. Beberapa bahkan sudah resmi membuka keran penjualan.

Tapi selang setahun berlalu, belum ada tanda-tanda kedua kendaraan tersebut bakal diproduksi oleh Daihatsu. Lantas, kapan pabrikan asal Jepang itu meluncurkan Ayla EV dan Rocky Hybrid di Tanah Air?

Menanggapi hal ini, Sri Agung Handayani, Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), masih menutup rapat informasi mengenai kehadiran Ayla EV dan Rocky Hybrid di Indonesia.

“Nanti kalau sudah waktunya kami akan beri tahu,” ucap Agung, di Tokyo, belum lama ini.

Meski demikian, Agung melanjutkan bahwa Daihatsu memiliki komitmen untuk mewujudkan netralitas karbon pada semua kendaraannya.

“Hal yang perlu digarisbawahi, bahwa ADM menuju ke sana. Kita sudah dua kali mendisplay konsep car, mempelajari semua hal yang terkait dengan konsep car di mobil hybrid kemarin ada Ayla EV, Rocky Hybrid dan Vision F. Jadi tentu kita menuju ke sana (netralitas karbon),” ujar Agung.

Agung tak menampik, untuk mendatangkan kendaraan elektrifikasi ke Indonesia ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi. Salah satunya adalah segmen konsumen yang akan dibidik.

Segmentasi konsumen Daihatsu merupakan first car buyer atau pembeli mobil pertama, sementara konsumen kendaraan elektrifikasi kebanyakan berasal dari second buyer atau pembeli mobil kedua (sudah memiliki mobil).

“Kalau konsumen first buyer, apakah edukasi untuk memiliki hybrid dan EV sudah mumpuni. Menurut kami, itu masih jadi pekerjaan rumah kita, karena konsumen Daihatsu kebanyakan adalah first buyer,” kata Agung.

Terlebih lagi, pihaknya berkomitmen untuk memberi kemudahan kepemilikan kendaraan bagi para first car buyer atau mereka yang baru pertama kali membeli mobil.

“Daihatsu memiliki komitmen untuk memberi kemudahan kepada konsumen untuk membeli kendaraan, maka dari itu kita harus tetap memperhatikan first buyer,” ucap Agung.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kelanjutan Ayla EV dan Rocky Hybrid, Ini Kata Daihatsu", Klik untuk baca: https://otomotif.kompas.com/read/2023/10/30/124100415/kelanjutan-ayla-ev-dan-rocky-hybrid-ini-kata-daihatsu.

SumberKOMPAS.com
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
101.1 fm
103.5 fm
105.9 fm
94.4 fm